Target PAD Sergai dari Sektor Parawisata Terkendala Akibat Covid-19


163 view
Foto Dok Rimpun H Sihombing
Drs Sudarno
Sergai (hariansib.com)

Tahun 2021, target Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) dari sektor pariwisata ditetapkan sebesar Rp 2,5 miliar. Target tersebut meningkat dibanding tahun 2020 lalu yakni sebesar Rp 1,8 M.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Kadis Porabudpar) Sergai, Sudarno saat bincang-bincang dengan hariansib.com di Komplek Kantor Bupati Sergai di Seirampah, Selasa (13/4/2021).

"Namun berhubung kita sedang menghadapi pandemi Covid-19 yang cukup berdampak bagi semua sektor, termasuk sektor pariwisata, target PAD tahun 2020 yang semula ditetapkan Rp 1,8 M akhirnya diturunkan menjadi Rp 1 M dan kita berhasil merealisasikan Rp 1,2 M," ujarnya.

Menurut Sudarno, pandemi Covid-19 yang masih berlanjut di tahun 2021 ini, tentu menjadi kendala dalam merealisasikan target PAD yang telah ditetapkan. Namun begitu, pihaknya akan berupaya semaksimal mungkin.

"Kita lihat saja saat penutupan tahun dan libur Imlek kemarin. Momen yang seharusnya kita harapkan wisatawan ramai datang berkunjung, namun kenyataannya lokasi wisata sunyi, karena harus mematuhi protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19", ungkapnya.

Sudarno menyebutkan, ada 12 lokasi wisata pantai dan dua lokasi wisata sungai di Kabupaten Sergai yang menjadi sumber PAD dari sektor pariwisata di antaranya, Pantai Bali Lestari, Woong Rame, Pondok Permai, Theme Park yang berada di Kecamatan Pantaicermin dan lokasi wisata lainnya, serta wisata sungai yakni, pemandian Ancol dan Batu Nongol yang berada di aliran Sungai Bah Bolon di Kecamatan Sipispis.

Sudarno berharap pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga sektor perekonomian, termasuk sektor pariwisata kembali pulih dan dapat digalakkan kembali untuk menarik wisatawan datang berkunjung ke Sergai.

Selain itu, dia berharap agar infrastruktur, terutama akses jalan menuju lokasi objek wisata, baik wisata pantai maupun sungai dapat ditingkatkan, untuk memberi kemudahan dan kenyamanan bagi wisatawan yang akan berkunjung ke Sergai.

Sudarno juga mengharapkan dukungan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lain dalam memajukan sektor pariwisata di kabupaten berjuluk Tanah Bertuah Negeri Beradat ini agar target PAD dari sektor pariwisata dapat dicapai.

"Kita sudah menyurati OPD-OPD lain, kalau membuat kegiatan, misalnya perlombaan ataupun rapat, agar digelar di lokasi wisata. Selain untuk mempromosikan objek wisata, juga meningkatkan PAD kita dari sektor pariwisata", tutupnya. (*)

Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Robert/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com