Tekab Polsek Torgamba Tangkap 2 Perampok Anak Sekolah, Satu Ditembak


282 view
Foto: Dok/Polsek Torgamba
TEMBAK PERAMPOK: Tim khusus anti bandit Polsek Torgamba Polres Labuhanbatu memperlihatkan tersangka perampok, DRZ, yang ditembak petugas. Tersangka ditangkap bersama rekannya, EAS, setelah merampok dan melukai korbannya, seorang pelajar SMA Negeri 1 Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Jumat (15/1/2021) sekira pukul 10:00 WIB.
Torgamba (SIB)
Tim khusus anti bandit Polsek Torgamba Polres Labuhanbatu membekuk 2 tersangka perampokan terhadap seorang pelajar SMA di Cikampak Kecamatan Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Satu di antara pelaku pencurian dengan kekerasan (Curas) itu, terpaksa ditembak karena berusaha melawan petugas saat mencari benda benda tajam yang dipakai menusuk perut korbannya.

"Pencurian dengan kekerasan terhadap seorang pelajar SMA Negeri 1 Torgamba terjadi Jumat 15 Januari 2021 di Jalan Lantas Lama Dusun Cikampak Tengah, Desa Aekbatu, sekira pukul 10.00 WIB," sebut Kapolsek Torgamba AKP Firdaus Kemit melalui WhatsApp kepada wartawan, Minggu (17/1/2021).

Awalnya, 2 pelaku menyetop korban yang hendak ke sekolah saat melintas mengendarai sepeda motor Yamaha RX King biru BK 5348 JH . Kedua pelaku pura-pura menumpang dan meminta tolong diantar ke satu tempat. Tiba di Jalan Lantas Lama Dusun Cikampak Tengah, Desa Aekbatu, pelaku menusukkan gunting ke leher korban hingga luka dan mengeluarkan darah. Mereka terjatuh. Pelaku langsung bergegas mengambil Handphone korban merk Asus dan membawa kabur sepeda motor yang digunakan korban.

Korban kemudian berusaha bangkit dan berjalan ke perkampungan. Pukul 15.00 WIB, korban sampai di rumah warga dengan keadaan luka dan berdarah, selanjutnya warga membawanya ke Rumah Sakit Medistra Cikampak.

"Korban mengalami luka tusuk dan luka sayatan pada leher sebelah kanan dan dijahit sebanyak 20 jahitan. Korban juga mengalami kerugian sebesar Rp15 juta atas kehilangan HP dan sepeda motor," sebutnya.

Akibat kejadian tersebut, ibu korban, Sugiyah (47), mendatangi Polsek Torgamba melaporkan tindakan kekerasan 2 pelaku terhadap anaknya, dan diterima dengan laporan polisi nomor: LP/14/I/Res.1.8./2021 tanggal 15 Januari 2021.

Atas laporan tersebut, Tekab Polsek Torgamba langsung bergerak memburu pelaku. Dari hasil penyelidikan, Sabtu (16/1/2021) sekira pukul 00:15 WIB, tim mengetahui pelaku bernama Deo Rahma Ziansyah (20) dan temannya. Tersangka DRZ ditangkap dari rumahnya di Dusun Cikampak Tengah, Desa Aekbatu.

"Tersangka mengaku melakukan perbuatan tersebut bersama rekannya bernama EAS alias Rajagukguk. Tersangka EAS kemudian ditangkap dari rumahnya di Dusun Cikampak Pekan, Desa Aekbatu," ungkap Kapolsek.

Kapolsek menambahkan, kedua tersangka mengakui melakukan tindakan pencurian dengan kekerasan terhadap korban. Sepeda motor Yamaha RX King nomor polisi BK 5348 JH yang mereka curi, disembunyikan kedua pelaku di semak-semak kebun kelapa sawit Dusun Simpang Karo, Desa Aekbatu, Kecamatan Torgamba dan telah diamankan.

Selanjutnya, Sabtu (16/1/2021) sekira pukul 09.00 WIB, Tekab membawa kedua pelaku untuk mencari gunting yang digunakan menusuk korban. Namun saat melakukan pencarian barang bukti benda tajam itu, tersangka melawan petugas, sehingga terpaksa dilakukan tindakan tegas dan terukur terhadap pelaku.

Polisi juga menyita barang bukti BPKB sepeda motor Yamaha RX King biru nomor polisi BK 5348 JH, HP merk Asus, tas merah, raport SMA Negeri 1 Torgamba atas nama Egi Kurniawan dan buku tulis korban.

"Kedua tersangka dan barang bukti telah diamankan di Polsek Torgamba. Kedua tersangka dipersalahkan melanggar pasal 365 ayat 2 KUHP," jelas Firdaus. (*)

Penulis
: Efran Simanjuntak
Editor
: Robert/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com