Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, KPU Medan Jamin TPS Aman dari Covid-19


553 view
Terapkan Protokol Kesehatan Ketat, KPU Medan Jamin TPS Aman dari Covid-19
Foto Dok/KPU Medan
CUCI TANGAN : Seorang pemilih mencuci tangan dengan sabun sebelum memasuki TPS untuk menyalurkan hak pilihnya di Pilkada Medan 9 Desember 2020. Prosedur memasuki TPS ini dipraktikan dalam simulasi pemungutan dan penghitungan suara dengan protokol kesehatan di TPS yang digelar KPU Medan, di Taman Tjong Yong Hian Jalan Kejaksaan, Sabtu (17/10/2020). 
Medan (SIB)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) Medan menjamin tempat pemungutan suara (TPS) di Pilkada Medan aman dari Covid-19. Jaminan itu diberikan karena setiap TPS diterapkan protokol kesehatan secara ketat, yakni memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak saat pemungutan suara 9 Desember 2020 mendatang.

"Kami (KPU Medan) meyakinkan masyarakat pelaksanaan pemungutan suara di TPS sudah diatur sesuai protokol kesehatan secara ketat," kata Komisioner KPU Medan, M Rinaldi Khair saat dihubungi SIB melalui telepon, Minggu (18/10/2020).

Rinaldi mengatakan, setiap TPS disediakan tempat mencuci tangan dengan sabun. Sebelum masuk TPS, pemilih wajib cuci tangan. Begitu juga saat keluar dari TPS setelah memberikan hak pilihnya, pemilih wajib cuci tangan pakai sabun.

Selain itu, Rinaldi mengatakan, pemilih wajib memakai masker saat masuk ke TPS. Jika tidak memakai masker, KPU Medan akan memberikan masker yang telah disediakan. "Tapi, kami mengimbau pemilih membawa masker sendiri, karena masker yang disediakan terbatas," ujar Rinaldi.

Pemilih yang masuk ke TPS juga dibatasi jumlahnya agar jarak antar pemilih yang antre sesuai protokol kesehatan. Caranya, sebut Rinaldi, jumlah pemilih setiap TPS dikurangi. Dari sebelumnya maksimal 800 orang menjadi 500 orang. Bahkan, jam kedatangan pemilih ke TPS juga diatur sesuai nomor urut di Daftar Pemilih Tetap (DPT) supaya tidak terjadi keramaian.

"Misalnya, nomor 1 sampai 50 memberikan hak suaranya pukul 07.00 WIB-08.00 WIB. Begitu seterusnya hingga waktu pemungutan suara berakhir pukul 13.00 WIB. Pemilih yang terlambat datang pada jamnya memilih, tetap bisa menggunakan hak pilihnya setelah semua orang pada jam itu selesai menyalurkan hak pilihnya," jelas Rinaldi.

Setiap pemilih juga diberikan sarung tangan plastik. Selesai mencoblos, sarung tangan dibuka dan dibuang ke tempat khusus yang disediakan. Untuk tinta usai memilih, sambung Rinaldi, tidak lagi dicelup tapi ditetes. "TPS juga disterilisasi dengan disinfektan secara berkala," katanya.

Untuk lebih amannya lagi, kata Rinaldi, sebelum masuk TPS, pemilih wajib dicek suhu tubuhnya. Jika suhu tubuhnya 37,3 derajat ke atas, tidak bisa mencoblos di bilik suara utama tapi mereka tetap bisa menyalurkan hak pilihnya di bilik khusus di areal TPS.

"Nanti surat suara diantar petugas atau pendampingnya. Begitu selesai, petugas atau pendamping juga yang memasukkan ke kotak suara. Kemudian yang bersangkutan langsung keluar tanpa melalui TPS utama," kata Rinaldi.

Ia menambahkan, pihaknya juga menyediakan baju hazmat untuk petugas mengantisipasi pemilih yang sakit atau pingsan. Petugas tersebut yang membawa pemilih yang sakit ke Puskesmas atau fasilitas kesehatan terdekat.

Menurut Rinandi, Pemko Medan sudah setuju saat Pilkada, Puskesmas tetap buka dan layanan ambulans standby. "Jika hal ini disosialisasikan ke masyarakat secara massif, kami yakin masyarakat tidak khawatir datang ke TPS," kata Rinaldi.

Meski sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat di TPS, Rinaldi mengajak masyarakat menjadikan memakai masker, mencuci tangan dengan sabun dan menjaga jarak (3M) menjadi perilaku hidup baru selama pandemi Covid-19. Sehingga setiap pemilih yang terdaftar di DPT dapat menyalurkan hak pilihnya di Pilkada Medan mendatang.

"Kami optimis partisipasi pemilih mendekati target nasional yakni 77,5 persen," kata Rinaldi. (*)

Penulis
: Donna Hutagalung
Editor
: donna@hariansib.com
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com