Tim Cabjari Pancurbatu Geledah Kantor Desa Salabulan


224 view
(Foto Dok/E Ginting)
PERIKSA: Tim Kejaksaan Pancurbatu saat memeriksa dokumen di Kantor Desa Salabulan, Kecamatan Sibolangit, guna melengkapi berkas perkara dugaan tindak pidana korupsi, Kamis (11/2/2021). 
Sibolangit (SIB)
Tim Cabjari Pancurbatu menggeledah Kantor Desa Salabulan, Kecamatan Sibolangit, guna melengkapi berkas perkara tindak pidana korupsi yang diduga dilakukan Kepala Desa Salabulan berinisial LT dan bendahara desa VG.

"Benar, kita lakukan terkait dengan adanya tindak pidana korupsi yang diduga dilakukan kades beserta bendaharanya yang bersumber dari Dana Desa Tahun Anggaran 2019 lalu. Kita menduga adanya penyalahgunaan pengelolaan atas anggaran tersebut," kata Kepala Kejaksaan Pancurbatu Dodi Wiraatmaja kepada wartawan, Kamis (11/2/2021).

Pantauan di lapangan, penggeledahan itu dilaksanakan sekitar pukul 11.00 WIB, dipimpin Dodi Wiraatmaja, disertai Kepala Subseksi Pidsus dan Pidum Resky Pradhana Romli, juga tim penyidik lainnya dari Kejaksaan Negeri Deliserdang, Pancurbatu.

Dalam penggeledahan itu, tim penyidik menyita sejumlah dokumen yang diduga memiliki keterkaitan terhadap dugaan tindak pidana korupsi yang dilakukan kedua oknum yang sudah ditetapkan pihak Kejaksaan pada Desember 2019.

"Sudah kita tetapkan sebagai tersangka oknum Kades berinisial LT dan VG sebagai oknum Bendahara Desa Salabulan. Kedua tersangka diduga bersama-sama melakukan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan Dana Desa 2019. Diduga merugikan keuangan negara lebih dari Rp300.000.000," sebutnya.

Ia juga mengatakan pihaknya sudah melakukan penyidik dan melakukan pemeriksaan secara mendalam. Bahkan melibatkan ahli dan menyita surat/dokumen yang berhubungan dengan kegiatan pengelolaan Dana Desa 2019 tersebut.

Ia membeberkan pasal yang dipersangkakan terhadap LT dan VG yakni pasal 2 ayat (1) Jo pasal 3 Jo pasal 18 UU RI No. 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo UU RI Nomor 20/2001 tentang Perubahan atas UU RI Nomor 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Terkait hal tersebut, Camat Sibolangit Febri Efenetus Gurusinga yang dihubungi membenarkan penggeledahan yang dilakukan tim Kejaksaan Pancurbatu tersebut.

"Benar, itu untuk melengkapi berkas perkara dugaan korupsi Desa Salabulan," katanya. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com