Terkait Kasus Dugaan Korupsi Rp 31 Miliar Lebih di Bank Sumut KCP Galang

Tim Penyidik Pidsus Kejatisu Sita 26 Unit Bangunan/Tanah


423 view
foto SIab/Dok/Pidsus Kejati
Menyita: Tim penyidik Pidsus Kejatisu, Kamis (8/4/2021) menyita sejumlah bangunan rumah/tanah, terkait penyidikan kasus dugaan korupi di Bank Sumut.
Medan(SIB)

Tim penyidik Pidsus Kejati Sumut melakukan penyitaan terhadap 26 unit bangunan yaitu, 22 unit di Dusun IV Desa Pulau Tagor Kecamatan Serbajadi Kabupaten Serdang Bedagai dan 4 unit bangunan di
Dusun VI Desa Pulau Tagor Kecamatan Serbajadi Kabupaten Serdang Bedagai.

Penyitaan dilakukan, Kamis (8/4/2021) terkait dengan penyidikan kasus dugaan tindak pidana korupsi (Tipikor) pada PT Bank SumutKCP (kantor cabang pembantu) Galang Deli Serdang dengan cara menggunakan sarana pemberian kredit yang tidak sesuai dengan ketentuan pada periode 2013 – 2015, sehingga mengakibatkan kerugian keuangan negara cq Pemprovsu sebesar Rp 31.692.690.986.(Rp 31 miliar lebih)

Kasi Penkum/Humas Kejati Sumut Sumanggar Siagian melalui Kasidik M Junaidi yang dikonfirmasi wartawan, Kamis(8/4/2021) membenarkan, tim penyidik Pidsus terdiri dari 5 orang diketuai Jaksa Fungsional Harianto Tobing telah melakukan penyitaan terhadapbangunan tersebut, dalam rangka penyidikan perkara dugaan korupsi di Bank Sumut KCP Galang Deli Serdang, berdasarkan surat perintah penyidikan Kajati Sumut tanggal 21 Januari 2021 dan surat penetapan Pengadilan Negeri Medan Klas IA Khusus tanggal 26 Maret 2021, perihal ijin melakukan penyitaan dalam perkara dugaan korupsi atas nama tersangka Skn dan kawan-kawan(3 orang).

"Benar tim penyidik Pidsus Kejati Sumut ada turun untuk melakukan penyitaan terkait penyidikan kasus dugaan korupsi di BankSumut KCP Galang. Diperoleh informasi, penyitaan dilakukan karena sejumlah unit bangunan berikut beberapa bidang tanah yang disita tersebut telah menjadi agunan dalam pengajuan permohonan kredit oleh tersangka Skn.

Ternyata dari hasil pemeriksaan penyidik, proses pencairan atas permohonan kredit di Bank Sumut KCP Galang tidak sesuai dengan aturan pemberian kredit. Pengajuan kredit (KUR, KPR, investasi) oleh tersangka Skn diikat dengan sekitar 126 perjanjian kredit ini. Lalu dengan modus operandi, tersangka SKn menggunakan nama-nama orang untuk meminjam kredit ke Bank Sumut. Setelah fasilitas kredit cair uangnya diambil Skn dan tidak diserahkan kepada yang namanya disebut dalam permohonan pengajuan kredit.

Kasidik (Kepala Seksi Penyidikan) M Junaidi mengakui dalamkasus dugaan korupsi di Bank Sumut KCP Galang Deliserdang, tim penyidiktelah menetapkan 3 orang tersangka yaitu SKn (yang mengajukan kredit), R SE (wakil pimpinan KCP) dan Lrt selaku Pimpinan KCP Galang Deliserdang. Mengenai jumlah kerugian keuangan negara, menurut KasidikJunaidi, masih dalam proses perhitungan auditor. (*)

Penulis
: Martohap Simarsoit
Editor
: Robert/Eva R Pelawi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com