Tinjau RSUD Tarutung, Gubsu Serahkan 100 Rapid Test


625 view
Tinjau RSUD Tarutung, Gubsu Serahkan 100 Rapid Test
Foto SIB /Bongsu Batara Sitompul
MENINJAU : Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi meninjau fasilitas  RSUD Tarutung sebagai salahsatu rumah sakit rujukan penanganan Covid -19 di Sumatera Utara, Rabu (1/4/2020). 
Tapanuli Utara (SIB)
Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyerahkan 100 rapid test saat meninjau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarutung yang menjadi rumah sakit rujukan penanganan pasien Corona Virus Disease 2019 (Covid - 19) di kawasanTapanuli, Rabu (1/4/2020).

Kunjungan Gubernur tersebut disambut Bupati Taput Nikson Nababan, Bupati Toba Darwin Siagian, Dandim 0210 TU Letkol Czi Roni Agus Widodo dan Kapolres Taput AKBP Horas Marasi Silaen.

Edy mengatakan, rapid test harus diprioritaskan untuk mengecek kondisi Bupati, Dandim 0210 dan Kapolres Taput.
"Sebab para Bupati, Dandim dan Kapolres setiap hari turun ke lapangan meninjau kondisi masyarakat. Saya pun akan mendistribusikan tambahan rapid test itu lagi, " jelasnya.

Dirut RSUD Tarutung dr Janri Nababan mengungkapkan, alat ventilator mobile di RSUD Tarutung belum ada.
"Fasilitas kesehatan kita masih minim pak. Alat pelindung diri (APD) lengkap memang sudah pernah dikirim dari Pemprovsu sebanyak 50 unit, " jelasnya.

Melihat kondisi itu, Gubernur menjanjikan mengirimkan 100 APD lengkap ke Taput. Diharapkan bila ada pasien yang terindikasi langsung dirujuk ke Medan.

Gubernur menegaskan, penanganan Corona adalah panggilan kemanusiaan dan jangan dikaitkan dengan urusan politik. Ini adalah panggilan ibu pertiwi.

"Mari kita sama - sama tangani. Di Taput saya harapkan masyarakat supaya mendengarkan instruksi Bupati. Begitu juga dengan Kapolres dan Dandim supaya terus mengajak masyarakat untuk tetap tinggal di rumah. Mari kita sama - sama menjaga, " imbaunya.

Ketika ditanya mengenai kelayakan RSUD Tarutung menjadi rumah sakit rujukan penanganan Covid -19 yang belum lengkap fasilitas kesehatannya, Gubernur mengatakan, situasi sekarang tidak ada rotan, akar pun jadi.(*)


Penulis
: Bongsu Batara Sitompul
Editor
: Wilfred Manullang
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com