Viral Video RS Adam Malik Ambil Tulang Sum-sum Balita yang Dirawat

* Kasubag Humas membantah: Video Itu Tak Benar

500 view
Shutterstock
Ilustrasi video viral di media sosial.
Medan (SIB)
Video seorang ibu menangis karena anaknya kehilangan tulang sum-sum belakang beredar di media sosial, Sabtu (13/2/2021).

Dalam video yang ditayangkan di akun pemilik Rental Bus Pariwisata itu, tampak seorang ibu duduk di depan anaknya yang terbaring lemas di tempat tidur menangisi anaknya.

Di video itu juga dibubuhkan kalimat 'RS Adam Malik ambil tulang sum-sum balita yang dirawat'. Bahkan video membubuhkan tulisan 'tega sekali mereka' ini telah di tonton ribuan warganet.

Menanggapi video tersebut, Kasubag Humas Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak MIKom membantah pihaknya mengambil tulang sum-sum balita saat dirawat.

Ia menjelaskan pasien tersebut datang dalam kondisi sudah jelek yakni dengan penurunan kesadaran dan gizinya juga buruk. Selama perawatan dilakukan pemeriksaan penunjang untuk mengetahui diagnosa pasien yaitu pemeriksaan cairan saraf.

Pengambilan sampel cairan saraf melalui tulang belakang. Dari hasilnya itu baru bisa tahu obat apa yang akan diberikan. Selama dirawat di rumah sakit, kondisi pasien membaik. Pasien sudah bisa buka mata dan berat badan naik dan masuk kategori stabil.

"Jadi bisa pulang berobat jalan, tapi tetap diingatkan untuk kontrol poliklinik. Setelah itu pasien tidak datang lagi karena tidak punya BPJS Kesehatan. Selama di rumah sakit, kami mencarikan donatur. Semua biaya ditanggung sama donatur," katanya.

Ia mengatakan untuk menegakkan diagnosa gangguan saraf di otak bagi pasien anak-anak maupun dewasa yaitu dengan melakukan pemeriksaan cairan dari sum-sum tulang. Semua tindakan yang diambil harus ada persetujuan dari orangtuanya.

"Ini tahun lalu, sekitar September atau Oktober 2020. Kita sebenarnya kecewa sekali. Selama di rumah sakit kita bantu carikan donatur karena mereka tidak punya BPJS Kesehatan. Anaknya pulang juga sudah dalam kondisi yang membaik, sudah bisa buka mata, dan berat badan sudah naik," ucapnya sembari mengaku kecewa atas muncul informasi yang tidak benar. (*)

Penulis
: Leo Bukit
Editor
: Robert/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com