Wali Kota Buka MTQ ke-54 Kota Medan Tahun 2021


195 view
Wali Kota Buka MTQ ke-54 Kota Medan Tahun 2021
(Foto : Dok/Diskominfo Medan)
Pukul Bedug : Wali Kota Medan  Bobby  Nasution beserta unsur Forkopimda memukul bedug sebagai tanda dibukanya MTQ ke-54  tingkat Kota Medan tahun 2021, di Gedung Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Selasa (16/3/2021). 
Medan (SIB)
Wali Kota Medan Muhammad Bobby Nasution secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-54 tingkat Kota Medan tahun 2021, di Gedung Madinatul Hujjaj Asrama Haji Medan, Selasa (16/3/2021).

Berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan di lapangan terbuka, pelaksanaan MTQ kali ini diadakan di gedung dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat dan tanpa dihadiri masyarakat. Meski begitu, masyarakat tetap dapat menyaksikan kegiatan itu melalui live streaming youtube MTQ ke-54 Kota Medan tahun 2021 dengan link https://youtu.be/1QQwnQ6b-GI.

Turut hadir dalam pembukaan MTQ, Ketua TP PKK Kota Medan Ny Kahiyang Ayu Bobby Nasution, Wakil Wali Kota Medan H Aulia Rachman beserta istri Ny Shaula Aridianti Aulia Rachman, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman beserta istri Ny Ismiralda Wiriya Alrahman, Ketua DPRD Medan Hasyim, unsur Forkopimda Medan, pimpinan OPD dan camat di lingkungan Pemko Medan.

Pembukaan acara bertema "Melalui MTQ ke-54 Kota Medan tahun 2021 kita tingkatkan pemahaman dan pengamalan nilai-nilai Al-Quran untuk menjalin kerukunan umat beragama menuju masyarakat Medan yang berkah, maju dan kondusif", diawali pembacaan ayat suci Al-Quran oleh H Azroi Hasibuan dilanjutkan dengan doa dan peletakan pataka bendera merah putih dan bendera MTQ, diiringi mars MTQ.

Puncak acara ditandai dengan pemukulan bedug yang dilakukan Wali Kota Medan bersama unsur Forkopimda.

Dikatakan Bobby, MTQ kali ini berbeda dari tahun sebelumnya karena pandemi Covid-19, sehingga pelaksanaan dilakukan secara virtual. Hal itu, akunya, juga menjadi ikhtiar untuk menjaga kesehatan dengan tetap menjalankan prokes. Kegiatan MTQ dinilai penting karena bukan hanya sekedar membaca dan mengerti isi Al-Quran, tetapi juga untuk diimplementasikan ke dalam kehidupan sehari-hari agar mencapai keberkahan dari Allah SWT.

"Makna MTQ tak berkurang, meski tanpa ada pendukung dan tak disaksikan langsung oleh masyarakat. Justru masyarakat dari seluruh dunia bisa menyaksikan MTQ Medan melalui live streaming. Ini menjadi tantangan bagi Qori dan Qoriah karena ditonton masyarakat luas, sehingga terlihat jelas kualitasnya dan masyarakat dapat menilai langsung,"katanya.

Selain mengucapkan selamat bermusabaqah kepada seluruh kafilah untuk menjadi kebanggaan bagi Kota Medan, Bobby meminta lembaga LPTQ sebagai lembaga yang menaungi MTQ agar mampu berkolaborasi dengan semua pihak. Diharapkan, nantinya para peserta MTQ yang menjadi juara dapat menggunakan penghargaan itu sebagai tiket masuk ke perguruan tinggi.

"Saya berharap peserta yang berhasil menjadi juara dan meraih penghargaan dapat menjadi nilai tambah dan tiket masuk untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ini akan menjadi motivasi dan kebanggaan bagi para peserta," harapnya.

Setelah menyampaikan sambutan, menantu Presiden RI Joko Widodo itu kemudian menerima piala bergilir MTQ dari Camat Medan Denai selaku juara umum tingkat Kota Medan tahun 2020, selanjutnya diserahkan ke panitia untuk diperebutkan kembali.(*)
Penulis
: Roy Marisi Simorangkir
Editor
: Robert/Donna Hutagalung
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com