Warga Desa Perbaiki Jalan Rusak di Barus Batas Humbahas di Tapteng


241 view
(Foto Dok/LSM LPPAS-RI)
WARGA PERBAIKI JALAN : Warga Desa Sijukkang, Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapteng, memperbaiki kerusakan ruas jalan propinsi berupa jembatan di  Barus batas Humbahas secara swadaya. Foto diambil, Rabu (7/4/2021). 
Sibolga (harianSIB.com)

Warga Desa Sijukkang, Kecamatan Andam Dewi, Kabupaten Tapteng, memperbaiki kerusakan ruas jalan di Barus batas Humbahas secara swadaya dengan cara kerja manual dengan alat seadanya.

Informasi yang diperoleh wartawan dari Kordinator Pantai Barat Wilayah Tapteng Sumut LSM LPPAS - RI (Lembaga Pemantau Pembanguan dan Asset -Republik Indonesia), Ribu Simatupang lewat telepon, Jumat (9/4/2021), kerusakan ruas jalan diakibatkan banjir yang melanda kawasan Tapteng baru-baru ini.

"Banjir kemarin membuat banyak ruas jalan Barus batas Humbahas itu rusak dan nyaris putus," katanya.

Warga belum melihat tanda-tanda ada perbaikan dari instansi terkait atas kerusakan ruas jalan tersebut, sehingga melakukan perbaikan secara swadaya.

Menurutnya, salah satu ruas jalan yang rusak yakni jembatan yang menghubungkan jalan Barus batas Humbahas terancam putus akibat di hantam banjir, Minggu lalu.

"Kalau tidak segera ditangani akan segera putus dan perekonomian daerah bisa terganggu bahkan arus lalu lintas pun terancam macet total," katanya.

Terpisah, Kasi Pembangunan UPT JJ Sibolga Hasmar Batubara kepada wartawan lewat telepon mengatakan pihaknya telah menurunkan alat berat ke lokasi untuk menangani kerusakan jalan.

"Hari ini, alat berat kita turun ke lokasi untuk menangani jalan yang rusak akibat kena banjir tersebut," katanya.

Ia menambahkan ruas jalan provinsi yang rusak akibat bencana alam itu, akan segera ditangani tahun anggaran 2021 dan sekarang sedang proses lelang. (*)
Penulis
: Marlon
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com