Warga Dusun III Desa Sukadamai Sergai Dambakan Perbaikan Jalan


143 view
Foto Dok/Lambok Simbolon
BERLUMPUR : Kondisi jalan di Dusun III Desa Sukadamai, Kecamatan Seibamban, Sergai tampak becek dan berlumpur meski telah ditimbun sertu, sehingga masih sulit dilalui warga. Foto dipetik, Kamis (14/1/2021).
Sergai (SIB)
Warga Dusun III Desa Sukadamai, Kecamatan Seibamban, Kabupaten Serdangbedagai (Sergai) mendambakan perbaikan jalan yang ada di dusun tersebut, karena kondisinya yang rusak parah dan sulit dilalui warga.

Pantauan SIB di lokasi, Kamis (14/1/2021), jalan yang merupakan satu-satunya akses warga Dusun III Desa Sukadamai menuju kabupaten tersebut, kondisinya becek dan berlumpur, sehingga sangat sulit dilalui warga, terutama oleh pengendara sepeda motor.

Saliyem (55), warga setempat kepada SIB mengungkapkan, dari 16 dusun yang ada di Desa Sukadamai, jalan di Dusun III tersebut menurutnya kurang mendapat perhatian pemerintah, dan saat ini kondisinya sangat memprihatinkan. Seingatnya, perbaikan jalan tersebut terakhir dilakukan tahun 2016 lalu dan hingga kini belum pernah ada perbaikan.

"Dua hari lalu, warga melakukan protes dengan menanam pohon pisang di tengah jalan karena kesal jalannya sudah tidak bisa dilalui. Setelah ada yang mengupload ke Facebook, baru semalam sore ada yang memasukkan sertu satu mobil, itupun belum layak untuk dilewati." ujarnya.

Saliyem bersama warga lain berharap pemerintah dapat segera memperbaiki jalan tersebut, karena sangat dibutuhkan warga untuk lalu lintas menuju kabupaten. "Kami sampai numpang melewati tanah toke batu bata, karena jalan umum tidak bisa dilalui," keluh Saliyem.

Terpisah, dikonfirmasi melalui seluler, Kepala Desa (Kades) Sukadamai, Karnain membenarkan jalan di Dusun III desa tersebut kondisinya saat ini rusak parah. Kades bersama tokoh masyarakat setempat juga telah melakukan rapat mencari solusi untuk memperbaiki kerusakan jalan yang berstatus jalan kabupaten tersebut. "Saya sudah mengirimkan sirtu untuk mengatasi sementara kerusakan jalan tersebut," ujar Karnain.

Sementara Camat Seibamban, Juniar M Gultom menyebutkan, kerusakan jalan di Dusun III Desa Sukadamai disebabkan banjir yang terjadi beberapa waktu lalu. Selain itu, juga disebabkan truk pengangkut tanah yang kerap melintas di jalan tersebut.

Gultom menjelaskan, karena jalan tersebut berstatus jalan kabupaten, sehingga dana desa tidak dapat digunakan untuk memperbaikinya. Untuk mengatasi keluhan warga, pihaknya bersama Kades Sukadamai dan pengusaha setempat, telah melakukan urun rembuk mengumpulkan dana secara sukarela. Dana yang terkumpul akan dibelikan sirtu atau batu kerikil untuk digunakan memperbaiki sementara jalan yang rusak, sehingga dapat dilalui warga.

"Kami juga sudah melaporkan kerusakan jalan tersebut ke Dinas PUPR. Mudah-mudahan dalam waktu dekat, pihak PUPR akan segera meninjau ke lokasi dan dapat segera memperbaikinya," jelas Juniar M Gultom.(*)

Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Robert/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com