Baru Diperbaiki, Jalan Nasional di Tigarunggu Kembali Rusak


316 view
Baru Diperbaiki, Jalan Nasional di Tigarunggu Kembali Rusak
SIB/Mey Hendika Girsang
RUSAK : Jalan nasional di Tigarunggu Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun rusak, Selasa (14/8). Padahal, baru sekira dua bulan selesai dikerjakan.
Simalungun (SIB)- Perbaikan jalan nasional di Tigarunggu Kecamatan Purba Kabupaten Simalungun dengan sistem 'tambal-sulam' terkesan asal jadi. Pasalnya, baru sekira dua bulan selesai diperbaiki, sekarang sudah rusak.

"Lihat aja kondisinya, aspalnya sudah retak. Kerusakan ini akan terus bertambah, karena setiap hari dilintasi kendaraan," kata warga sekitar Robert Haloho, Selasa (14/8) di Tigarunggu.

Dia menilai, rusaknya jalan yang baru diperbaiki itu akibat sistem pengerjaannya asal jadi. Demikian disebutnya, karena jika pengerjaannya bagus, jalan itu belum rusak.

"Kalau pengerjaannya bagus, tidak mungkin rusak dalam waktu sekira dua bulan. Inikan sudah rusak, berarti pengerjaannya tidak becus dan tidak profesional," cetusnya.

Dia mengatakan, terdapat beberapa titik jalan yang dinilai proses pengerjaannya asal-asalan, lantaran baru dibangun sudah rusak kembali.

"Di Tigarunggu ini sekitar 4 titik yang aspalnya sudah retak, sebagian lagi aspalnya terkelupas dari badan jalan. Tentu, keadaan ini meresahkan masyarakat," ucap Robet.

Hal senada dikatakan warga lainnya di antara Hotlan Purba dan Ricky Girsang. Disebutkan, perbaikan jalan itu terkesan buang-buang anggaran, karena baru dibangun sudah rusak kembali.

"Kami meminta kepada Inspektorat, BPK dan KPK mengaudit penggunaan anggaran perbaikan jalan itu. Apakah ada unsur korupsi di situ," kata warga tersebut.
Pantauan wartawan, ruas jalan rusak itu berada sekitar 40 meter dari Kantor Camat Purba. Kerusakannya bervariasi, ada yang aspalnya retak dan ada terkelupas dari badan jalan.

Pihak yang mengerjakan jalan itu, tidak berada di lokasi, sehingga tidak terkonfirmasi soal sistem perbaikan jalan tersebut.

Di papan proyek tertera, nama paket itu adalah preservasi rehabilitasi Jalan Merek batas Kabupaten Simalungun dengan Kabupaten Karo-Saribudolok-Tigarunggu-Tanjung Dolok.

Selain itu, tertera juga nama kontraktornya, PT RB. Biayanya Rp 14.405.082.508 dari APBN TA 2018. (D06/l)


Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com