Cawagub Sulbar Optimistis Menang di Mamuju Tengah

* KOMPBAS Siap Menangkan Illiza-Farid di Pilkada Banda Aceh

178 view
Cawagub Sulbar Optimistis Menang di Mamuju Tengah
Kalma Katta
Mamuju (SIB)- Calon Wakil Gubernur Sulawesi Barat Kalma Katta optimistis memenangkan Pilkada Sulbar untuk Kabupaten Mamuju Utara karena didukung sejumlah tokoh politik yang paling berpengaruh.

"Kami kuat di Mamuju Tengah didukung tokoh politik paling berpengaruh, dan optimis menang mutlak di wilayah penghasil sawit itu," kata Kalma di Mamuju, Minggu (15/1).

Kalma maju berpasangan Suhardi Duka.

Kalma Katta merupakan mantan Bupati Majene dua periode dan Suhardi Duka mantan Bupati Mamuju dua periode.

Ia mengapresiasi dukungan masyarakat Mamuju Tengah dan mengatakan masyarakat di Mamuju Tengah kompak dengan pemerintahannya, dan akan menang di Pilkada Sulbar.

Menurut dia, Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Mamuju Tengah telah menyatakan mendukungnya di Pilkada Sulbar karena dinilai lebih berpengalaman dalam memimpin birokrasi .

SIAP MENANGKAN
Komunitas Mahasiswa dan Pemuda Barat Selatan (Kompbas) menyatakan komitmennya bekerja dan memenangkan pasangan Hj Illiza Saaduddin Djamal dan Farid Nyak Umar (Illiza-Farid) sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh 2017-2022.

Koordinator Kompbas Muhd Gumpul Salihin di Banda Aceh menyatakan dukungan tersebut diberikan karena Banda Aceh di bawah kepemimpinan Hj Illiza Saaduddin Djamal mampu bangkit setelah tsunami menjadi kota terbaik di Indonesia.

"Bahkan, Illiza terpilih sebagai satu di antara wali kota terbaik di Indonesia. Sebagai wali kota, Illiza mampu merangkul masyarakat untuk bersama-sama membangun Banda Aceh ke arah lebih baik lagi," kata dia.

Hj Illiza Saaduddin Djamal merupakan Wali Kota Banda Aceh nonaktif. Dia kembali mencalonkan diri Wali Kota Banda Aceh berpasangan dengan Farid Nyak Umar, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yang dua periode sebagai anggota DPRK Banda Aceh.

Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Banda Aceh digelar 15 Februari 2017. Pemilihan itu digelar serentak dengan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Aceh dan pemilihan 19 bupati/wali kota dari 23 kabupaten/kota di Provinsi Aceh.

Pilkada di Kota Banda Aceh diikuti dua pasangan calon yakni pasangan nomor urut satu Hj Illiza Saaduddin Djamal dan Farid Nyak Umar serta pasangan nomor urut dua Aminullah Usman dan Zainal Arifin.

MANFAATKAN DANA DESA
Sementara itu, calon Bupati Landak, dr Karolin Margret Natasa mengharapkan terciptanya sinergi antara Kepala Desa dan Badan Pemusyawaratan Desa (BPD) dalam menjalankan program pembangunan di tingkat desa, khususnya dalam pemanfaatan dana desa untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi masyarakat.
"Kami berharap, BPD dalam menjalankan kerjanya mengedepankan musyawarah, sesuai dengan namanya yakni permusyawaratan yang berarti mencari solusi dalam persoalan yang ada dan hasilnya pun mereka harus selalu mengawal," kata Karolin di Ngabang.

Menurutnya, BPD merupakan wujud pelaksanaan demokrasi di tingkat desa, bersama masyarakat.  Karena itu BPD juga memiliki andil dalam sistem pemerintahan dan pembangunan desa, sebagaimana tercantum dalam UU No. 32 tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah.

Dia menyatakan BPD merupakan parlemen desa yang memiliki fungsi mengayomi adat istiadat, membuat peraturan desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat serta sebagai alat kontrol bagi penyelenggaraan pemerintah desa.

Bukan hanya itu, kata Karolin, BPD juga berfungsi sebagai mitra kepala desa. Karena itu ia berharap bisa terjalinnya komunikasi yang harmonis antara kedua lembaga pemerintah tersebut.  (Ant/f)



Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com