Latihan Kepemimpinan Kader, PMKRI Diminta Kritis Solutif dan Jadi Pelopor Patuhi Prokes Covid-19


248 view
Latihan Kepemimpinan Kader, PMKRI Diminta Kritis Solutif dan Jadi Pelopor Patuhi Prokes Covid-19
Internet
Ilustrasi
Medan (SIB)
Persatuan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI) mengadakan Latihan Kepemimpinan Kader (LKK) Nasional di Pontianak, Kalimantan Barat 18 - 19 September 2020. PMKRI St Bona Ventura Medan mengutus tiga kader utamanya dalam kegiatan yang dibuka Ketua Presidium Pusat PMKRI Bemediktus Papa yakni Ketua Delegasi Elfredo Habeahan,Yohanes P P Simanjuntak dan Nowell Dewantara Sihombing.

Kegiatan dipusatkan di Rumah Retreat Wisma Imac ulata Pontianak dengan pemateri tokoh nasional dan dewan presidium PMKRI termasuk Romo Alexsius Alek OfmCap, tokoh diaspora Indonesia Tori, Agustinus Klorus dan kader PMKRI yang anggota DPRD Kalimantan Barat Paulus Andy Mursalim.

Elfredo Habeahan dari Pontianak, Senin (21/9) mengatakan, di masa pandemi Covid-19, kader dan kelaurga besar PMKRI dituntut untuk menjadi pelopor di masyarakat untuk mematuhi prokol kesehatan (prokes) Covid-19. “Sebagaimana kala pengukuhan Dewan Presidium PMKRI Bona Ventura dengan ketua Ceperianus Gea di Catholik Centre Medan Agustus, persoalan penanganan pandemi menjadi sorotan. Hirarki Katolik pun menaruh perhatian serupa. Itu sebabnya PMKRI di mana pun berada harus patuh prokes dan menjadi pelopor,” tambahnya.

Pelatihan pun mengadopsi prokes sangat ketat. “Yang lebih digariskan bagaimana PMKRI membentuk kader yang berintegritas serta memiliki mentalitas untuk mewujudkan pemimpin sejati di era Revolusi Industri 4.0,” ujarnya sambil mengupas Subtema ‘Lihatlah, Aku Mengutus Kamu seperti Domba di Tengah-tengah Serigala, sebab itu Hendaklah Kamu Cerdik seperti Ular dan Tulus seperti Merpati’ (Matius 10:16). “PMKRI sejatinya kader Katolik Indonesia yang harus meneladani kepemimpinan Yesus Kristus,” tegasnya.

Ia mengatakan, PMKRI pun diminta kritis tapi memberi solusi. “Kritis tak solutif sama seperti marah,” tutup Elfredo Habeahan. (R10/a)

Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com