Laba Bersih PTPN IV Melonjak Tajam, Sampai September Rp 547,9 Miliar


259 view
Foto dok/Direktur PTPN IV, Sucipto Prayitno
Direktur PTPN IV, Sucipto Prayitno
Medan (SIB)
PT Perkebunan Nusantara IV (PTPN IV) membukukan lonjakan laba bersih sebesar Rp 547,90 miliar hingga September 2020 dibanding periode sama tahun lalu Rp72,11 miliar. Bahkan, pencapaian tersebut telah melampaui realisasi laba bersih sepanjang tahun 2019 senilai Rp312,82 miliar.

Berdasarkan laporan manajemen perseroan, pertumbuhan laba bersih ini sejalan dengan peningkatan pendapatan bersih PTPN IV sampai dengan September 2020 sebesar Rp4,25 triliun. Angka ini naik 30,36% dibanding pada periode yang sama tahun sebelumnya Rp3,26 triliun.

“Pertumbuhan laba bersih karena perseroan fokus pada peningkatan produktivitas TBS, rendemen minyak sawit dan inti sawit dengan berbagai programnya serta didukung dengan harga jual komoditi Crude Palm Oil (CPO)”, sebut Direktur PTPN IV Sucipto Prayitno, Rabu (21/10).

Sucipto mengatakan performa perseroan sudah sesuai harapan atau on the track. Perseroan juga menyakini bahwa pendapatan kuartal ke-empat 2020 diperkirakan juga akan meningkat. Tahun ini perseroan menargetkan laba bersih menjadi Rp764,86 miliar.

“Kami memiliki keyakinan walau masih dalam suasana pandemi Covid-19, PTPN IV akan dapat merealisasikan, dengan kerja keras dan doa dari seluruh pejuang (karyawan) PTPN IV, kami optimis mampu membukukan laba melebihi target RKAPP 2020 yang Rp481,23 miliar”, jelasnya.

Selain fokus kepada peningkatan produktivitas dan rendemen, korporasi juga telah melaksanakan core values BUMN yakni AKHLAK (Amanah, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan Kolaboratif). Internalisasi AKHLAK tersebut menjadi budaya setiap pejuang PTPN IV dalam bekerja dan berusaha di PTPN IV.

Sebagai perwujudan dari core value BUMN AKHLAK, pada setiap hari Senin manajemen melaksanakan salah satu nilai utamanya adalah kolaboratif. Dalam implementasi nilai utama kolaboratif tersebut, pejuang PTPN IV melaksanakan pertemuan melalui zoom cloud meeting yang diberi nama ‘Kolaboratif Yess’.

“Dalam progam ini masing-masing pejuang PTPN IV menawarkan waktu, tenaga dan pikiran untuk mempercepat proses peraihan produktivitas dan capaian rendemen. Jadi tanpa diminta dan ditunggu, masing-masing pejuang PTPN IV harus sudah amanah, kompeten, harmonis, loyal, adaptif serta kolaboratif,” terang Sucipto.

Sementara Kepala Bagian Sekretariat Perusahaan PTPN IV Riza Fahlevi Naim mengatakan, berbagai program yang telah dan sedang dilaksanakan board of management, mulai dari Gerakan Cinta PKS, Gerakan Cinta Kebun, Gerakan no Bocor-Bocor, Gerakan Sawit ke Sawit, Progam Peningkatan Rendemen, PICA Award, Program Peningkatan Mutu Minyak dan lain-lain. (rel/R4/f)

Penulis
: Redaksi
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com