BI Perpanjang MDR Hingga 31 Desember 2021, Targetkan 260 Ribu Merchant Pengguna QRIS di Sumut


127 view
SUMUT24/ist
Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut Soekowardojo bersama Deputi Kepala Perwakilan Ibrahim dan Andiwiana Septonarwanto dalam Bincang Bareng Media secara offline dan online di Medan Selasa (23/2/2021).
Medan (SIB)
Mendukung program PEN (Pemulihan Ekonomi Nasional), Bank Indonesia juga menetapkan perpanjangan kebijakan MDR ( Merchant Discount Rate) 0% bagi usaha mikro sampai dengan 31 Desember 2021.

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Propinsi Sumatera Utara Soekowardojo mengatakan penerapan MDR 0% bagi usaha mikro diperpanjang hingga 31 Desember 2021 dengan pertimbangan mendukung program PEN pemerintah yang menegaskan penggunaan QRIS dalam paket end to end yang terintegrasi.

Perpanjangan MDR 0% sampai dengan 31 Desember 2021, akan dikompensasi dengan diterapkannya QRIS CPM, QRIS Cross Border dan QRIS TTS

Kemudian, mendukung target 12 juta merchant pengguna QRIS berbasis komunitas di seluruh Indonesia dengan sasaran lingkungan Kementrian/Lembaga/Pemda , khas daerah yakni kuliner, griya, pasar tradisional, Apgakum (TNI/Polri), pendidikan umum, pendidikan keagamaan (pesantren, seminar) pariwisata, BUMD/Korporasi Daerah dan warung. Selanjutnya program TP2DD (Tim Pecepatan Perluasan Digital Daerah) untuk penggunaan QRIS dalam elektronifikasi transaksi keuangan Pemda dan rencana digitalisasi bansos .

Target QRIS di Sumut
Sementara itu Soekowardojo menyebutkan, pihaknya tahun 2021 menargetkan penambahan merchant QRCode Indonesian Standart (QRIS) sebanyak 260 ribu.

Hingga Januari 2021, telah ada 234.363 merchant QRIS di Sumut, sedangkan secara nasional targetnya 12 juta berbasis komunitas dan dari jumlah itu, Sumut kebagian 260 ribu merchant.

"BI Sumut optimis bisa capai target 260 ribu merchant QRIS di daerah ini sebagai bagian dari percepatan pengembangan ekosistem digital,” katanya.

Sampai akhir tahun ini diproyeksikan akan tercapai 500 ribu merchant QRIS di Sumut yang sekaligus mendukung target 12 juta merchant pengguna QRIS secara nasional,” imbuhnya.(M2/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com