Bursa Saham Asia Melemah Akibat Ketegangan Korea Utara


259 view
Sydney (SIB)- Bursa saham Asia mengalami penurunan, karena ketegangan yang menguat di semenanjung Korea. Adapun kondisi itu mendukung pelabuhan yang aman terhadap sejumlah instrumen investasi termasuk yen dan emas.

Sebuah liburan di Amerika Serikat dan kelangkaan data utama membuat aktivitas terus berlanjut di seluruh Asia, meskipun beberapa menit pertemuan terakhir Federal Reserve yang akan dirilis pada siang hari dapat memberikan beberapa dorongan.

"Di menit-menit, beberapa peserta khawatir bahwa kondisi pasar tenaga kerja yang ketat dapat menimbulkan risiko inflasi, sementara beberapa lainnya melihat risiko penurunan inflasi. Kami akan mencari adanya pergeseran antara kedua masalah tersebut," kata Kevin Harris, seorang direktur di Roubini Global Economics, seperti dikutip dari Metrotv, Rabu (5/7).

Indeks MSCI yang paling luas saham Asia Pasifik di luar Jepang turun 0,01 persen, setelah turun 0,6 persen pada Selasa ketika Korea Utara menembakkan rudal ke perairan Jepang. Nikkei Jepang turun 0,1 persen, seperti indeks utama Korea Selatan.

Korea Utara mengatakan telah melakukan uji coba rudal balistik antarbenua yang baru dikembangkan yang dapat membawa hulu ledak nuklir besar dan berat. Pasukan Korea Selatan dan AS menembakkan rudal ke perairan di luar Korea Selatan untuk menunjukkan kemampuan presisi pemogokan yang dalam.

Sekretaris Negara AS Rex Tillerson menyerukan tindakan global melawan ancaman nuklir Pyongyang, meski tidak sepenuhnya jelas langkah-langkah baru yang bisa diambil. Pertarungan sengit memberi safe haven yen mengalami kenaikan awal, dengan dolar turun 0,2 persen menjadi 113,02 yen. Emas juga menguat 0,25 persen di USD1,227.70 per ounce. (A21/l)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com