Harga Daging Stabil, Cabai Merah Turun di Tamjungbalai


126 view
Foto: SIB/Usni Pili Panjaitan
SEPI : Pedagang sayur mayur Pasar Bengawan Tanjungbalai mengeluhkan sepinya masyarakat pembeli, Jumat (9/4).
Tanjungbalai (SIB)
Jelang Ramadan, Jumat (9/4) harga jual daging di Kota Tanjungbalai masih stabil, sedangkan harga cabai merah dan bawang menurun.

Setiap tahun saat Ramadan tiba, harga kebutuhan pokok akan mengalami fluktuasi. Berbeda dengan tahun sebelumnya, saat ini harga jual daging sapi di Kota Tanjungbalai belum menunjukkan kenaikan.

Pantauan SIB, Jumat petang di pasar tradisional Kota Tanjungbalai, harga jual daging sapi masih bertahan pada kisaran Rp120 ribu per kilogram. "Saya beli harga daging sapi masih Rp120 ribu sekilo, belum naik. Biasanya harga daging naik sehari sebelum puasa, bisa saja Rp150 ribu sekilo atau lebih," ujar Salmah (46) kepada SIB, yang hampir setiap hari membeli daging untuk kebutuhan usaha rumah makannya.

Sama halnya dengan harga jual daging ayam potong yang tetap bertahan Rp30 ribu per kilogramnya. "Daging ayam tetap Rp30 ribu sekilo. Kemungkinan bakal naik karena kebutuhan di bulan puasa biasanya melonjak," sebut Salmah.

Berbeda dengan pengakuan seorang pedagang Pasar Bengawan, R Boru Panjaitan (34) yang kesehariannya berjualan sayur mayur. Katanya, harga cabe merah turun drastis. "Turunnya sejak empat hari terakhir, cabai merah biasanya saya jual Rp44 ribu satu kilo, sekarang sudah turun jadi Rp32 ribu sekilo. Bawang merah juga turun dari Rp32 ribu sekilo jadi Rp28 ribu, turunnya Rp4 ribuan," kata wanita muda yang sejak gadis telah berjualan di Pasar Bengawan kepada SIB, Jumat petang.

R Boru Panjaitan mengeluh saat ditanya daya beli masyarakat pasca pandemi Covid-19. "Hancur, susah, pembeli jauh menurun sejak corona melanda Tanjungbalai. Daya beli anjlok, pembeli sepi, pendapatan jelas jauh dari harapan. Kami saat ini hanya berharap dan berdoa bisa bertahan dengan usaha ini. Harapan kami, perhatian pemerintah terutama pemberian bantuan modal usaha," kata Panjaitan bersyukur dirinya termasuk penerima bantuan langsung tunai dari pemerintah yang sedang pencairan. (E9/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com