Mendag Minta Tolong Pengusaha Ritel Jaga Stabilitas Harga


187 view
Mendag Minta Tolong Pengusaha Ritel Jaga Stabilitas Harga
Vadhia Lidyana/detikFinance
Foto: Suasana Pasar Swalayan di Tengah Panik Corona
Jakarta (SIB)
Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyatakan keberpihakan pemerintah terhadap pelaku usaha UMKM. Berbagai dukungan telah dikeluarkan seperti lewat gerakan #BanggaBuatan Indonesia yang baru diluncurkan awal Mei 2020 lalu serta berbagai insentif fiskal lainnya selama pandemi.

Untuk itu, Agus berharap pelaku UMKM juga bisa memaksimalkan seluruh dukungan dan fasilitas tersebut. Sekaligus, diminta cepat beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di masyarakat.

"Pada masa pandemi ini banyak sekali terjadi pergeseran adaptasi kebiasaan baru antara lain pergeseran pada konsumsi masyarakat dari luring ke daring. Di mana saat ini kegiatan berbelanja masyarakat melalui daring meningkat Pelaku UMKM diharapkan mampu menggeser tren penjualannya secara hybrid atau kombinasi antara luring dan daring," ujar Agus membuka acara Pembukaan Hari Ritel Nasional 2020 dengan tema Optimizing National Market for Global Experience di Lotte Mall Kemang Village, Jakarta, Rabu (25/11/2020).

Agus berharap meski di masa sulit seperti ini, UMKM tetap bisa menjaga kontribusinya terhadap ekonomi nasional.

"Saya juga berharap UMKM mampu menjaga kontribusi 60% dari total PDB dengan menyerap 96% tenaga kerja dari total 133 juta angkatan kerja. Dan yang paling penting adalah menyumbang 14% dari total ekspor," sambungnya.

Tak hanya itu, Agus juga menyampaikan harapan serupa buat para pelaku ritel nasional. Para pelaku ritel diminta mampu menjaga stabilitas harga dan pasokan serta dapat membantu UMKM meningkatkan usahanya tersebut.

"Saya juga mengharap Aprindo (Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia) dapat meningkatkan perannya dalam membantu pemerintah dalam menjaga stabilitas harga dan pasokan serta membantu pelaku usaha mikro dan menengah dalam meningkatkan usahanya, serta membantu peningkatan barang produksi di dalam negeri," timpalnya.

Untuk diketahui, hari ini Agus bersama Aprindo dan pihak terkait lainnya secara resmi membuka bazaar Hari Ritel Nasional 2020. Salah satu tujuannya adalah untuk memperkuat kemitraan dengan UMKM. (detikFinance/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Harian SIB Edisi Cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com