Menko Luhut Tegaskan Pelabuhan Strategis Tak Akan Dioperasikan Asing


431 view
Menko Luhut Tegaskan Pelabuhan Strategis Tak Akan Dioperasikan Asing
SIB/INT
Ilustrasi
Jakarta (SIB)-Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menegaskan bahwa pelabuhan strategis Indonesia tidak akan dikuasai atau diopersikan oleh pihak asing.


Hal ini untuk menjawab kekhawatiran capres nomor urut 02 Prabowo Subianto dalam Debat Pilpres IV, Sabtu (30/3) yang menyebut bahwa pelabuhan dan bandara di Indonesia tidak boleh dioperasikan oleh asing, sebab merupakan saluran nafas bangsa.


"Kan kalau pelabuhan pelabuhan strategis, tadi sudah dijelaskan, tidak akan pernah kita kerjasamakan," jelas Luhut


"Tapi pelabuhan-pelabuhan yang sifatnya komersial kita kerjasamakan tapi tetap kita yang mengontrol," tambahnya.


Mantan Menteri Perindustrian dan Perdagangan era Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini pun menegaskan bahwa memanajemen pelabuhan dan bandara di seluruh dunia memang seperti itu standarnya.


"Itu berlaku universal. Negara lain juga begitu. Tanya aja kalau nggak percaya," ungkap Luhut.


Sebelumnya, Prabowo mengklaim bahwa negara sedikit yang memperbolehkan pengelolaan bandara dan pelabuhan oleh investor asing.


Bukan antiasing ini, menyoal keamanan nasional. Kami khawatir, kepentingan nasional kita tidak cocok, bisa ditutup saluran nafas kita," ujar Prabowo.


Sedangkan capres nomor urut 01 Joko Widodo menyatakan bahwa investasi masih diperlukan untuk membangun infrastruktur bandara dan pelabuhan komersial.


Dirinya pun menegaskan, selama menjabat sebagai petahana, pemerintah tidak akan memberikan pengelolaan pelabuhan yang digunakan untuk markas AL, maupun bandara yang digunakan untuk markas AU kepada pihak asing.


"Tapi kalau bandara dan pelabuhan komersial, kenapa tidak? Lagipula masih mayoritas dikelola oleh (BUMN) Pelindo dan Angkasa Pura," jelas Jokowi. (Bisnis/d)

Penulis
: admin
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com