Menkop UKM: Subsidi Pupuk Banyak Dikorupsi, Dicabut Saja


219 view
Jakarta (SIB)- Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah A.A.G.N. Puspayoga mengusulkan agar penyaluran pupuk bersubsidi dihapuskan. Sebab, subsidi tersebut memicu korupsi.

Menurutnya, meski sekarang ada pengawasan yang lebih ketat, pupuk subsisi tetap saja rawan dikorupsi selama proses pendistribusiannya, karena tetap akan potensi kongkalikong antara aparat keamanan dan distributor.

"Karena ini kewenangan Menteri Pertanian, kalau pupuk subsidi banyak dikorupsi, banyak yang nggak sampai ke petani. Petani itu mikirnya sederhana, saat panen yang penting ada yang beli, agar tak ada lagi yang namanya tengkulak," kata Puspayoga saat rapat dengan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) di kantornya, Kuningan, Jakarta, Senin (15/2).

Bentuk-bentuk penyelewengan pupuk subsisi tersebut antara lain mulai dari pengoplosan, tidak sampai pada yang berhak, hingga penimbunan.

"Subsidi pupuk terus yah nggak bener. Dalam praktik di lapangan selalu dimainin dalam banyak bentuk, karena sesuatu yang bersubsidi, pasti dikorupsi. Petani jangan dikasih subsidi pupuk lagi, tapi kepastian harga," jelas mantan Wakil Gubernur Bali tersebut. (dtf/h)
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com