Pelaku Ekonomi Kreatif di Samosir Harus Mampu Terapkan Digital Marketing


142 view
Internet
Kepala Bidang Pengembangan dan Kerjasama Dinas Pariwisata Samosir, Togar Siboro didampingi Narasumber Dwi Sartika Bukit, melakukan Bimtek Digital Marketing kepada peserta Pelaku Ekonomi Kreatif.
Samosir (SIB)
Pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Samosir harus mampu menerapkan digital marketing, untuk menembus pasar.

"Artinya di era globalisasi ini, bisa memasarkan produk secara digital," sebut Sekdakab Samosir, Jabiat Sagala kepada wartawan, seusai menghadiri Bimtek Digital Marketing bagi Pelaku Ekonomi Kreatif di Kampung Wisata Bagot, Desa Parlondut, Kecamatan Pangururan, Sabtu (10/4).

Dijelaskannya, bahwa Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Direktorat Pengembangan Sumber Daya Manusia Ekonomi Kreatif bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Samosir, untuk menggembleng para pelaku ekonomi kreatif di Kabupaten Samosir.

Dikatakan Jabiat , upaya Kementerian Parekraf yang memandang potensi ekonomi kreatif di Kabupaten Samosir "Negeri Indah Kepingan Surga" sebagai daerah wisata yang patut diapresiasi.

"Kementerian Parekraf melakukan diklat di Samosir, harus dimanfaatkan secara optimal oleh pelaku usaha," harap Jabiat.

Dia menambahkan, peranan kaum milenial untuk mampu berkontribusi menyongsong Samosir sebagai kota ekonomi kreatif Indonesia sangat diperlukan. "Karena dalam waktu dekat, Samosir akan ditetapkan sebagai kota kreatif," ujarya.

Menurut dia, sistim digitalisasi baik melalui media sosial, website, youtube maupun advertising lainnya akan menjadi kebutuhan wisatawan. "Sistem ini akan menambah nilai jual produk asli Samosir," katanya.

Dalam bimtek digital marketing, para pelaku ekonomi kreatif dilatih untuk mendigitalisasi produk dan memasarkan produk secara digital berupa teknik foto dengan nara sumber Sartika Bukit dan untuk tehnik Smarthphonegraphy dihadirkan nara sumber M. Hafidullah.

Pada kesempatan itu, Dirjen pengembangan SDM Ekonomi kreatif, Rita Dwi Kartika Utami menyerahkan bantuan alat kebersihan kepada Kepala Desa Parlondut, Patar Sitanggang yang telah berhasil mengembangkan Kampung Wisata Bagot. (G2/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com