Pemerintah Siapkan Subsidi Ongkir di Hari Belanja Nasional


77 view
ANTARA/Fakhri Hermansyah
Sejumlah petugas menyortir barang pesanan konsumen di Warehouse JD ID, Marunda, Kabupaten Bekasi, Jumat, 11 Desember 2020. Hari Belanja Online Nasional atau Harbolnas 12.12 diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi pemulihan perekonomian Nasional.
Jakarta (SIB)
Pemerintah menyiapkan sejumlah langkah untuk mendorong konsumsi jelang Lebaran. Pemerintah menyatakan akan menggelar hari belanja nasional di mana pemerintah akan memberikan subsidi ongkos kirim (ongkir).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengatakan, terkait program tersebut pemerintah menyiapkan anggaran Rp 500 miliar.

"Pemerintah juga mendorong hari belanja nasional, di H-10 dan H-5 dimana untuk hari belanja nasional melalui online ditujukan untuk produk nasional dan pemerintah akan mensubsidi ongkos kirim sehingga pemerintah menyiapkan Rp 500 miliar," katanya saat menyampaikan Hasil Sidang Kabinet Paripurna, Rabu (7/4).

Dia menuturkan, cara lain untuk mendorong konsumsi ialah pemberian tunjangan hari raya (THR). Airlangga mengatakan, sudah saatnya swasta memberikan THR karena pemerintah sudah memberikan sejumlah bantuan.

"Ini tadi disampaikan bahwa sudah waktunya swasta memberikan THR karena berbagai kegiatan sudah diberikan," katanya.
Program bantuan sosial (bansos) juga masih dikebut. Untuk sembako, pencairannya akan dipercepat.

"Tentu penyaluran bansos kepada 20 juta keluarga penerima manfaat berupa beras 10 kg, percepatan output daripada PKH, kartu sembako dan BLT, dan penyaluran pencairan sembako dari Juni ke awal Mei selama dua bulan. Jadi ini dipecepat," katanya. (detikfinance/f)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib.com edisi cetak
Tag:
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com