RI Bakal Diguyur Modal Asing Rp 274 T


140 view
Foto: Rachman Haryanto
Bank Indonesia (BI) memperkirakan aliran modal asing akan masuk pada tahun ini. Aliran modal yang akan masuk sekitar US$ 19,6 miliar atau sekitar Rp 274,4 triliun (kurs Rp 14.000).
Jakarta (SIB)
Bank Indonesia (BI) memperkirakan aliran modal asing akan masuk pada tahun ini. Aliran modal yang akan masuk sekitar US$ 19,6 miliar atau sekitar Rp 274,4 triliun (kurs Rp 14.000).

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan, aliran modal asing ini sejalan dengan membaiknya pasar keuangan global. Hal itu didukung oleh likuditas yang tinggi.

"Pasar keuangan kondisinya itu membaik, perkiraan kami aliran modal ke emerging market ekonomi yang kami perkirakan akan meningkat, terutama juga didukung oleh likuiditas global yang tinggi. Kemudian suku bunga yang masih relatif rendah di negara maju," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi XI, Selasa (9/2).

Ia mengatakan, aliran modal asing yang dimaksud dalam bentuk portofolio. Aliran modal ini lebih besar dibanding tahun lalu.
"Kami perkirakan untuk Indonesia aliran modal ini adalah aliran modal investasi portofolio, tidak termasuk PMA, maupun juga yang lain. Indonesia diperkirakan akan ada aliran investasi portofolio US$ 19,6 miliar. Setelah tahun lalu aliran modal masuk portofolio US$ 9,45 miliar," terangnya.

Menurutnya, aliran modal asing ini akan menjadi terbesar kedua setelah China.
"US$ 19,6 miliar ini adalah terbesar kedua setelah Tiongkok dan ini menjadi potensi bagi kita untuk menjaga stabilitas eksternal termasuk nilai tukar dan juga bagaimana mengelola ekonomi kita," katanya. (detikfinance/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com