10 Ribu Vial Vaksin Sinovac Sampai di Tebingtinggi 2 Agustus Mendatang

Vaksinasi Dosis Kedua di Pulau Terpencil Diwarnai Pembagian Sembako

189 view
10 Ribu Vial Vaksin Sinovac Sampai di Tebingtinggi 2 Agustus Mendatang
(Foto: Dok/Kapen Korem 023/KS)
FOTO BERSAMA: Danrem 023/KS Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang, Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex, Ketua Persit Korcabrem 023 PD I/BB, Ketua Persit KCK Cabang XLIV Dim 0211 Koorcab Rem 023 foto bersama para penerima bantuan di sela peninjauan serbuan vaksinasi massal Covid-19 dosis II bagi masyarakat di pulau terpencil, Sabtu (31/7). 
Tebingtinggi (SIB)
Jika tidak ada kendala, diperkirakan vaksin Covid-19 jenis Sinovac sebanyak 10 ribu vial sampai ke Tebingtinggi 2 Agustus mendatang.

"Saya sampaikan 2 Agustus mendatang jika tidak ada kendala kita akan menerima Vaksin Sinovac dari Kemenkes melalui Pemprov Sumut. Terkait jumlah vaksin, kita mengajukan permintaan sebanyak 10.000 vial (100.000 dosis), kita berharap Pemprov dapat memberikan (vaksin) dengan jumlah tersebut," ujar Juru Bicara Satgas Covid-19 Tebingtinggi dr Henny Sri Hartati, Jumat (30/7).

Henny menjelaskan, seandainya permintaan itu (10.000 vial) tidak dapat dipenuhi seluruhnya, maka diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan vaksin dosis kedua, di mana masih ada 6.700 orang lagi yang belum divaksin (dosis kedua).

Sedangkan menanggapi kekhawatiran masyarakat yang belum mendapatkan dosis kedua karena vaksin telah habis, Henny menjelaskan tidak ada masalah jika rentang waktu dosis vaksin Sinovac melebihi 28 hari.

"Perlu kita sampaikan juga bahwa masyarakat tidak perlu khawatir jika rentang waktu pemberian dosis vaksin Covid-19 khususnya Sinovac yang melebihi 28 hari. Kita sudah memastikan bahwa 28 hari merupakan rentang waktu minimal. Jadi tidak ada masalah jika dosis kedua diberikan setelah melewati 28 hari.”

Terkait pelaksanaan vaksinasi, dr Henny menyatakan akan langsung menyegerakan vaksinasi jika stok vaksin sudah tiba di Kota Tebingtinggi.

"Jika semuanya berjalan lancar dan tanggal 2 Agustus 2021 vaksin sudah kita terima, maka tanggal 4 Agustus 2021 kita akan lanjutkan kembali pelaksanaan vaksinasi, di mana prioritas kita pemberian dosis kedua untuk 6.700 orang tadi," tutupnya.

Pembagian Bantuan
Sementara itu ditempat terpisah, serbuan vaksinasi massal Covid-19 dosis kedua yang dilaksanakan Korem 023/KS, Kodim 0211/TT bekerja sama dengan Pemkab Tapteng bagi masyarakat di pulau terpencil, Sabtu (31/7) diwarnai pembagian bantuan berupa sembako dan perlengkapan sekolah.

Danrem 023/KS Kolonel Inf Febriel Buyung Sikumbang saat meninjau pelaksanaan vaksinasi dalam keterangannya mengatakan, di pulau terpencil ini selain melaksanakan vaksinasi dosis kedua juga dibagikan bantuan berupa 100 paket sembako gratis kepada masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 dan 30 paket perlengkapan sekolah.

Danrem mengapresiasi partisipasi masyarakat yang antusias mengikuti program vaksinasi.

"Partisipasi masyarakat sangat baik, tidak ragu-ragu untuk divaksin guna meningkatkan imun tubuh," katanya.

Menurutnya, masyarakat yang sudah divaksin harus tetap mengikuti protokol kesehatan dimanapun berada dengan sering mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas di luar rumah.

Pada kesempatan tersebut, salah seorang tokoh masyarakat F Gulo menyampaikan rasa terima kasih atas pelaksanaan vaksinasi disertai pembagian bantuan.

Menurutnya, para Babinsa turut memberi pendekatan dan kesadaran kepada masyarakat agar ikut divaksin.
Turut hadir Dandim 0211/TT Letkol Inf Dadang Alex, Kasiter Korem 023/KS Mayor Inf Agus Supriyadi, Pasipers Korem 023/KS Mayor Inf Jhon S, Ketua Persit Korcabrem 023 PD I/BB, Ketua Persit KCK Cabang XLIV Dim 0211 Koorcab Rem 023, Ketua Jalasenastri Lanal Sibolga dan Ketua IKKT PWA Satrad 234. (BR3/F2/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com