15 Wilayah Berpotensi Banjir Rob hingga 7 Juni, Termasuk Sumut


196 view
15 Wilayah Berpotensi Banjir Rob hingga 7 Juni, Termasuk Sumut
Foto: Ranny Supusepa
Kepala Pusat Meteorologi Maritim, Eko Prasetyo, ST, MT.

Jakarta (SIB)

Badan, Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi potensi banjir pesisir (rob) di sejumlah wilayah RI. Ada 15 wilayah RI yang berpotensi banjir rob, termasuk DKI Jakarta.


BMKG menyebutkan potensi banjir rob di sejumlah wilayah pesisir Indonesia akan terjadi mulai kemarin hingga 7 Juni. Warga diminta waspada.


"Adanya fase bulan baru pada tanggal 30 Mei 2022 berpotensi menyebabkan terjadinya peningkatan ketinggian pasang air laut.


Berdasarkan pantauan data water level dan prediksi pasang surut, banjir pesisir (rob) berpotensi terjadi di beberapa wilayah pesisir Indonesia pada tanggal 30 Mei-7 Juni 2022," kata Kepala Pusat Meteorologi Maritim Eko Prasetyo dalam keterangannya, Senin (30/5).


Berikut ini ke-15 wilayah yang berpotensi banjir rob hingga 7 Juni:

Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Lampung, Bangka Belitung, Banten dan DKI Jakarta.


Selanjutnya, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Maluku.


BMKG menuturkan potensi banjir rob diprediksi berlangsung dengan waktu yang berbeda di tiap wilayah. BMKG mengatakan kondisi tersebut bisa mengganggu aktivitas masyarakat di pelabuhan dan pesisir.


"Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari Pasang Maksimum Air Laut serta memperhatikan update informasi cuaca maritim dari BMKG," kata Eko. (detikcom/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com