19 Atlet dan Ofisial PON Papua Positif Covid-19

* KONI DKI Curigai Ada Varian Baru

157 view
19 Atlet dan Ofisial PON Papua Positif Covid-19
(Foto: Ist)
Puluhan atlet dan ofisial PON Papua positif Covid-19. 
Jayapura (SIB)
Sebanyak 19 atlet dan ofisial PON XX yang berada di empat klaster dilaporkan positif Covid-19, yaitu Kota dan Kabupaten Jayapura, Merauke, dan Timika. Satgas Covid-19 masih terus memonitor kondisi para atlet.

"Sabar ya, saya telepon ke jubir Satgas di ketiga klaster karena saat ini baru Kota Jayapura yang diketahui sebanyak enam orang atlet," kata kata juru bicara Satgas Pencegahan dan Penanganan Covid-19 Papua dr Silwanus Sumule seperti dilansir Antara, Selasa (5/10).

Data yang dihimpun, 19 atlet dan ofisial yang positif itu tersebar di Kabupaten Jayapura tujuh orang atlet, Kota Jayapura enam orang atlet, Timika tiga orang atlet, dan Merauke tiga orang ofisial.

Atlet dan ofisial yang positif Covid-19 itu ada yang menjalani isolasi terpusat, namun juga ada yang karantina mandiri serta dirawat di rumah sakit (RS).

Sementara itu, Kadinkes Merauke dr Neville Maskita mengatakan, rata-rata mereka yang positif masuk kategori orang tanpa gejala (OTG) atau sakit ringan dan sudah divaksinasi Covid-19.

Diakuinya, tiga ofisial yang positif Covid-19 saat ini menjalani isolasi terpusat terapung di KM Sirimau yang sudah bersandar di Pelabuhan Merauke sejak 30 September lalu.

"Kami senantiasa berharap agar atlet, ofisial, dan masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan mengingat Covid-19 masih ada di tengah kita," harap dr Maskita.

Sementara itu, Kadinkes Kota Jayapura dr Nyoman Antari menambahkan, tercatat enam atlet yang positif Covid-19. Mereka terdiri atas dua orang berasal dari DKI Jakarta, serta satu orang masing-masing dari Sumut, NTT, dan Kaltim.

Atlet-atlet yang positif Covid-19 itu saat ini ada yang menjalani isolasi terpusat terapung KM Tidar dan RS Provita.
Selain itu, ada yang menjalani karantina mandiri, tercatat tiga orang yang menjalani isolasi terpusat di KM Tidar dan dirawat di RS Provita.

Varian Baru
Lima atlet kontingen DKI Jakarta di PON Papua terpapar Covid-19. Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta curiga ada varian baru Corona.

Awalnya Junaedi menjelaskan, ada atlet daerah lain juga yang terpapar Corona. Namun dia belum memastikan dari mana para atlet bisa terpapar.

"Ini mereka ini, ada beberapa atlet lain dari daerah lain juga yang terpapar juga. Tapi Dinas Kesehatan Papua masih bingung, dari mana mereka terpaparnya," kata Kabid Kesehatan Kontingen DKI, dr Junaidi kepada wartawan, Selasa (5/10).

"Mereka juga sudah lama di sini tidak mungkin dari Jakarta, cuma di sini mereka ke mana. Itu yang masalahnya masih mencari," lanjutnya.

Junaidi curiga ada Corona varian baru di Papua. Hal itu lantaran ditemukan atlet dari provinsi lain yang CT value-nya sangat rendah.

"Jadi kita di Papua curiga, termasuk Dinas Kesehatan Papua juga, ada varian baru yang ada di sini, karena melihat dari CT yang terendah. CT valuenya kecil sekali ada yang 5 koma sekian, tapi itu atlet daerah lain. Atlet DKI masih ada 20-an lah (CT value-nya). Ada beberapa atlet CT value belasan, bahkan 5. Kita curiga ada varian baru takutnya," ujarnya.

Junaidi menyampaikan, tiga atlet DKI yang terpapar Corona ada di Timika, sementara dua lainnya di Jayapura. Kelimanya berasal dari cabang olahraga yang berbeda. Mereka kini sedang menjalani isolasi mandiri di rumah sakit.

"Di Timika ada tiga orang, di Jayapura ada dua. Ada atlet sepatu roda dan softball yang di Jayapura. Yang di Timika itu atlet basket dan judo," ucapnya. (detikcom/a)


Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com