Kamis, 13 Juni 2024 WIB
Mahfud Laporkan ke Menkeu

69 Pegawai Ditjen Pajak Diduga Lakukan Pencucian Uang

Redaksi - Rabu, 08 Maret 2023 09:13 WIB
274 view
69 Pegawai Ditjen Pajak Diduga Lakukan Pencucian Uang
Shutterstock.com
Ilustrasi pencucian uang. 
Jakarta (SIB)
Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan, telah mengirimkan laporan dugaan pencucian uang yang dilakukan 69 pegawai Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kepada Menteri Keuangan Sri Mulyani.
Mahfud, yang juga berstatus sebagai Ketua Tim Pengendalian Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU), mengirimkan laporan tersebut berdasarkan data yang diperolehnya dari Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK).
“Saya kirim lagi ke Bu Sri Mulyani, ada 69 pegawai pajak yang sudah dilaporkan oleh PPATK diduga melakukan pencucian uang. Sebanyak 69 orang, dilaporkan ke PPATK, ke Menteri Keuangan pada bulan September 2019,” ujar Mahfud dalam acara bersama Kompas Gramedia di Menara Kompas, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (7/3).
"Oh iya, nanti saya periksa,” kata Mahfud menirukan omongan Sri Mulyani merespons laporan tersebut.
Berdasarkan hasil analisis sementara, para pegawai Ditjen Pajak itu melakukan transaksi dalam jumlah kecil, tetapi berulang kali. “Transaksinya kecil-kecil lah, Rp 10 juta-15 juta, tetapi bisa 50 kali,” ujar Mahfud MD.
Kemudian, Mahfud mengungkapkan bahwa Sri Mulyani berkomitmen akan menindak para pegawai Dijten Pajak itu apabila terbukti melakukan pencucian uang. “Nah ini kebetulan, ‘mumpung Ibu lagi nangani itu, saya kasih’,” katanya.


Setujui
Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati telah menyetujui pemecatan Rafael Alun Trisambodo (RAT) dari statusnya sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Ditjen Pajak Kemenkeu.
Persetujuan pimpinan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) tersebut, diungkapkan oleh Inspektur Jenderal Kemenkeu Awan Nurmawan Nuh. "Sudah (disetujui Sri Mulyani)," ungkapnya, Selasa (7/3).
Awan mengatakan, pihaknya telah merampungkan audit investigasi terhadap harta kekayaan Rafael Alun Trisambodo. Hasilnya, terbukti bahwa dia melakukan pelanggaran disiplin berat.
Hal itu pula yang menjadi dasar Itjen Kemenkeu merekomendasikan Rafael Alun Trisambodo dipecat dari statusnya sebagai ASN atas sanksi atas pelanggaran tersebut. "Audit investigasi oleh Itjen Kemenkeu sudah selesai. RAT terbukti melakukan pelanggaran disiplin berat," kata dia.
Kendati begitu, Awan belum dapat menjelaskan secara detail mengenai pelanggaran disiplin berat yang dilakukan Rafael Alun Trisambodo. (Kompas/a)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Urgensi Kebijakan Otoritas Jasa Keuangan dalam Pengawasan dan Pencegahan Tindak Pidana Pencucian Uang
Sandra Dewi Tebar Senyum Lagi Usai Diperiksa Kejagung
Berkas Perkara Dugaan TPPU Dinyatakan Lengkap, Tersangka MA Segera Diserahkan ke JPU
Terpidana Status DPO Terkait Pencucian Uang Rugikan Nasabah Diamankan Tim Tabur Kejagung
Mahfud Santai soal Instagramnya Sempat Diretas
Datangi Mahfud Md, Petisi 100 Minta Pemakzulan Presiden Jokowi
komentar
beritaTerbaru