Jumat, 14 Juni 2024 WIB

AS Tangkap Pemilik BreachForums, Situs Tempat Bjorka Sebar Data

Redaksi - Senin, 20 Maret 2023 09:34 WIB
185 view
AS Tangkap Pemilik BreachForums, Situs Tempat Bjorka Sebar Data
(iStockphoto)
Ilustrasi. Sosok di balik BreachForums Pompompurin dibekuk FBI. 
Jakarta (SIB)
Penegak hukum AS menangkap pria yang dipercaya sebagai pemilik akun Pompompurin, pendiri dan admin forum hacker BreachForums.
Menurut dokumen pengadilan, pria ini digugat atas satu pasal kejahatan, yaitu konspirasi untuk mengajak individu menjual akses tak resmi terhadap sebuah perangkat, demikian dikutip dari Bleeping Computer, Minggu (19/3).
Saat ditangkap, pria ini mengaku bernama Conor Brian FItzpatrick, pemilik akun Pompompurin, pemilik forum BreachForums.
"Saat saya menangkap tersangka pada 15 Maret 2023, ia mengaku pada saya dengan substansi kalau namanya adalah Conor Brian FitzPatrick dan ia menggunakan nama samaran pompourin dan juga ia adalah pemilik dan admin BreachForums, situs pembobolan data," kata spesial agen John Longmire dari FBI.
Fitzpatrick kemudian dilepas dengan uang tebusan sebesar USD 300 ribu dan akan dihadirkan dalam pengadilan di District Court of the Eastern District of Virginia, pada pada 24 Maret.
Sampai diadili, tersangka sudah menyerahkan dokumen-dokumennya dan hanya dibolehkan berada di kawasan Southern dan Eastern District of New York serta Eastern District of Virginia, itu pun hanya untuk keperluan pengadilan. Ia juga dilarang menghubungi saksi, tergugat, ataupun komplotannya.
Meski admin dan pemiliknya ditangkap, admin forum -- dalam postingannya di BreachForums -- mengaku akan tetap mengoperasikan situs yang jadi "rumah" para hacker pencuri data, termasuk Bjorka, itu.
Admin mengaku kalau ia mempunyai akses penuh terhadap infrastruktur situs.
Pompompurin adalah pemain lama yang terkenal di kalangan penjahat siber. "Pekerjaan" utamanya adalah meretas perusahaan dan menjual atau membocorkan data-data yang ia curi lewat forum ataupun media sosial.
Ia pun adalah orang yang terkenal di RaidForums yang kini sudah ditutup -- setelah pemiliknya juga ditangkap pihak berwajib.
Pompompurin menciptakan BreachForums setelah RaifForums digerebek dan ditutup oleh FBI pada 2022. Sejak itulah BreachForums jadi forum tempat penyebaran data-data curian. (detikInet/a)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
AS
beritaTerkait
Cegah Stunting, Pelindo Gelar Edukasi Gizi Terhadap 218 Ibu Hamil
HKBP Grand Wisata Serahkan Qurban Kepada Ansor Banser Kabupaten Bekasi
Plt Kadis Kominfo Labuhanbatu Terima Tim Evaluasi Diskominfo Sumut
Situasi Genting, Masa Depan Elon Musk dan Tesla Ditentukan Minggu Ini
HGU Masih Aktif, Kapolres Siantar Jangan Ragu Selamatkan Aset Negara PTPN IV Kebun Bangun
Pemkab Deliserdang Gelar Pasar Murah untuk Kontrol Harga Pangan
komentar
beritaTerbaru