Ahli Jokowi Saat Sengketa Pilpres 2019 di MK Kini Jadi Pembela AHY


163 view
Ahli Jokowi Saat Sengketa Pilpres 2019 di MK Kini Jadi Pembela AHY
Ari Saputra/detikcom
Heru Widodo
Jakarta (SIB)
Saat sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK), Joko Widodo-Ma'ruf Amin menghadirkan dua ahli yaitu Eddy Hiariej dan Heru Widodo. Bila Eddy kini menjadi Wamenkumham, ke mana Heru?

Selidik punya selidik, Heru kini menjadi tim pembela Partai Demokrat kepengurusan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta yang digugat oleh kubu Moeldoko.

"Waktu pilpres, saya menjadi ahli dalam perkara tersebut saja. Saat ini menjadi kuasa AHY tentu kerena profesi sebagai advokat," kata Heru saat berbincang, Jumat (8/10).

Pria kelahiran Kebumen, Jawa Tengah, 1 November 1971 itu menyelesaikan SI dan S2 di Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta. Gelar doktornya dari Universitas Padjajaran (Unpad) Bandung dengan disertasi 'Penyelesaian Sengketa Hasil Pemilukada: Evaluasi Terhadap Prosedur Beracara di Mahkamah Konstitusi Indonesia 2008-2014' yang juga mengupas tentang pelanggaran TSM yang terjadi dalam pemilu daerah.

"Sebelumnya juga secara profesional menjadi kuasa Bu Evi Novida Ginting menggugat Keppres pemberhentian," kata Heru.
Sekadar diketahui, Evi dipecat oleh DKPP dan dikuatkan dengan Keppres Jokowi. Namun Heru membela Evi dan menang. PTUN Jakarta membatalkan Keppres Evi. Ditanya alasannya membela AHY karena mungkin faktor kekecewaan, Heru Widodo hanya tertawa.

Untuk diketahui, Heru Widodo dengan Heru Widodo Firma Law Office sudah malang melintang di panggung pengadilan. Ia pernah menang di Sidang MK saat menjadi kuasa hukum Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie, dalam gugatan uji materiil Undang-Undang Pilkada Gubernur pada 2017. Ia juga menjadi kuasa mantan Gubernur Aceh Abdullah Puteh di MK untuk melakukan judicial review UU Pemerintahan Aceh.

Dalam Pilkada Serentak 2020, Heru dkk juga menjadi pembela banyak perkara di MK. Ada yang menang, ada yang kalah.
Heru Widodo bersama Supriyadi Adi dkk juga menjadi tim pembela mantan Dirut PLN Sofyan Basyir yang dituduh korupsi oleh KPK. Hasilnya, Heru berhasil meyakinkan hakim sehingga Sofyan bebas di tingkat pertama dan kasasi. (detikcom/a)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com