Aliansi Gerak Tutup TPL Unjuk Rasa ke DPRD SU Tuntut Cabut Izin Konsensi TPL di Tano Batak


331 view
Aliansi Gerak Tutup TPL Unjuk Rasa ke DPRD SU Tuntut Cabut Izin Konsensi TPL di Tano Batak
Foto: SIB/Firdaus Peranginangin
CABUT IZIN: Puluhan masyarakat yang tergabung dalam “Aliansi Gerak Tutup TPL” unjuk rasa ke DPRD Sumut, Rabu (24/11) menuntut pemerintah segera mencabut izin konsesi PT TPL, karena diduga telah merusak lingkungan dan tatanan kehidupan masyarakat adat di sekitar Danau Toba.
Medan (SIB)
Puluhan masyarakat yang tergabung dalam "Aliansi Gerak (Gerakan Rakyat) Tutup TPL" unjuk rasa ke DPRD Sumut, Rabu (24/11) menuntut pemerintah segera mencabut izin konsesi PT TPL di Tano Batak, karena telah merusak tatanan kehidupan masyarakat adat di sekitar Danau Toba.

"Selain merusak tatanan adat, juga kerap mendatangkan konflik dan kekerasan di tengah-tengah masyarakat, sehingga sudah banyak yang menjadi korban kekerasan maupun luka-luka. Bahkan tindakan kriminalisasi kerap diterima masyarakat," ujar pimpinan aksi Abdul Halim Sembiring.

Berkaitan dengan itu, masyarakat dan mahasiswa yang tergabung dengan Aliansi Gerak Tutup TPL ini mendesak pemerintah segera menghentikan operasional PT TPL, wujudkan reforma agraria sejati, kembalikan tanah-tanah adat kepada masyarakat adat.

Selain itu, pengunjukrasa juga menuntut pemerintah agar melindungi kemenyen sebagai tanaman endemic, hentikan kriminalisasi dan intimidasi kepada masyarakat adat, selamatkan Tano Batak dari limbah perusahaan yang merusak lingkungan Danau Toba serta selamatkan hutan Tano Batak dari aksi penggundulan.

Aspirasi pengunjuk rasa diterima Ketua dan anggota Komisi C DPRD Sumut Benny H Sihotang dan Samsul Qamar seraya berjanji akan mengagendakan rapat dengar pendapat di DPRD Sumut dengan mengundang PT TPL dan instansi terkait untuk mencari solusinya.

"Silahkan sampaikan surat resmi ke DPRD Sumut, agar secepatnya kita menjadwalkan rapat dengar pendapat dengan mengundang PT TPL, agar persoalannya menjadi terang-benderang," ujar Benny Sihotang seraya membawa perwakilan pengunjukrasa menyampaikan permohonan rapat dengar pendapat ke Sekretariat Dewan. (A4/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com