Amankan MotoGP Mandalika, Polda NTB Kerahkan 3.472 Personel Gabungan


231 view
Amankan MotoGP Mandalika, Polda NTB Kerahkan 3.472 Personel Gabungan
Foto: Dok. Polda NTB
Kapolda NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto.

Jakarta (SIB)

Kurang dari 10 hari lagi acara balap motor bergengsi dunia MotoGP akan segera diselenggarakan di Sirkuit Internasional Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Polda NTB siap menerjunkan 3.472 personil untuk mengamankan ajang balap internasional tersebut.


Kapolda NTB Irjen Pol Djoko Poerwanto mengatakan pihaknya telah mempersiapkan beragam strategi untuk menjamin keamanan dan kelancaran MotoGP Mandalika. Adapun sejumlah strategi yang dipersiapkan yakni penambahan jumlah personel, pos pengamanan, rekayasa lalu lintas, dan pengaturan kedatangan penonton serta crew official.


"Meski kebijakan aturan pemerintah diubah, seperti travel bubble, Polda NTB juga telah mempunyai rancangan strategi untuk menjaga event MotoGP Mandalika berjalan lancar dan aman," kata Irjen Pol Djoko Poerwanto dalam keterangan tertulis, Rabu (9/3). Hal ini dia ungkapkan saat menghadiri acara Final Check Meeting MotoGP Mandalika di Gedung Sangkareang , Selasa (8/3).


Untuk memberikan keamanan, Polda NTB menurunkan 3.472 personel gabungan TNI-Polri yang akan bertugas pada 18-20 Maret 2022. Tak hanya itu, personel yang bertugas nantinya juga diambil dari Bantuan Kendali Operasi (BKO) Mabes Polri.


"Masalah konsep pengamanan, pengaturan kedatangan penonton serta rekayasa lalu lintas saat event MotoGP Mandalika berlangsung, masih bersifat dinamis bisa berubah sewaktu-waktu, tergantung situasi dan kondisi," katanya.


Ia menegaskan pihaknya tidak segan untuk melakukan tindakan hukum jika terjadi peristiwa yang tidak diinginkan dan berpotensi merusak jalannya event MotoGP Mandalika. Hal itu dilakukan untuk menjaga nama baik Indonesia dalam ajang bergengsi motor balap kelas dunia.


"Selaku tuan rumah gelaran MotoGP Mandalika, NTB harus bangga, karena tidak semua provinsi ada event sebesar MotoGP," jelasnya.


Lebih lanjut, dia turut mengajak masyarakat dan pemerintah setempat untuk melibatkan diri dalam mensukseskan acara tersebut.


"Mari kita bekerjasama dengan baik untuk menciptakan kamtibmas aman dan tentram saat event MotoGP di Mandalika," tutupnya. (detikcom/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com