Anggota DPRD SU: Gebuki Mahasiswa di Rumah Dinas Gubernur Tindakan Anti Demokrasi

* F-PDIP Terus Berjuang Bersama Mahasiswa Tuntut Pencabutan Pergub Sengsarakan Rakyat

201 view
Foto Dok
Meryl Rouli Saragih
Medan (SIB)
Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut Meryl Rouli Saragih menyesalkan tindakan aparat penegak hukum dan Satpol PP yang menggebuki mahasiswa sedang melakukan aksi unjuk rasa menuntut pencabutan Pergubsu No1/2021, di rumah Dinas Gubernur Jalan Sudirman Medan, Jumat sore (7/5).

"Menggebuki mahasiswa yang sedang menyampaikan aspirasinya di depan rumah Dinas Gubernur Sumut merupakan tindakan anti demokrasi, sehingga kita mempertanyakan komitmen orang nomor satu di Sumut ini dalam menegakkan demokrasi," tandas Meryl Rouli Saragih kepada wartawan, Sabtu (8/5) di sela-sela acara Diklat Satgas Cakra Buana DPD PDI Perjuangan Sumut.

Menurut anggota Komisi A ini, kericuhan tersebut seharusnya tidak perlu terjadi, jika semua pihak terutama Gubernur dan aparat di lingkungan rumah dinas memiliki rasa kemanusiaan dan pemahaman yang utuh tentang demokrasi.

"Apalagi peristiwa itu terjadi di saat bulan puasa Ramadan, untuk melatih kita menonjolkan empati kemanusiaan. Tapi hal itu tidak terlihat, saat peristiwa penggebukan mahasiswa yang sedang menyampaikan aspirasinya di depan rumah Dinas Gubernur," ungkap Meryl.

Meryl juga menceritakan pengalamannya saat menjadi aktivis mahasiswa dan turun ke jalan pada tahun 2007-2011 di Jakarta, tidak pernah mengalami seperti yang terjadi di lingkungan rumah Dinas Gubernur tersebut.

Untuk menyikapi hal itu, tandas Meryl, Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut akan terus berjuang bersama mahasiswa menuntut pencabutan Pergub Sumut No 1/2021 yang telah menyengsarakan rakyat, karena memicu kenaikan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) di Sumut.

"Seperti diketahui, setelah keluarnya Pergub No1/2021 tentang perubahan tarif PBBKB khusus bahan bakar non subsidi dari 5 persen menjadi 7 persen, otomatis memicu kenaikan harga BBM Pertalite dan Pertamax sebesar Rp200, sehingga melahirkan penderitaan bagi rakyat," tegas Meryl sembari menegaskan, fraksinya tetap mendukung gerakan mahasiswa menuntut pencabutan Pergub tersebut. (A4/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com