Anggota DPRD SU: Kadisdik Sumut Terkesan Tidak Peduli Terhadap 4 Ribu Guru Tidak Tetap

* Honornya Tidak Dialokasikan di P-APBD TA 2021

470 view
Anggota DPRD SU: Kadisdik Sumut Terkesan Tidak Peduli Terhadap 4 Ribu Guru Tidak Tetap
Ist
Gedung DPRD Sumut
Medan (SIB)
Ketua Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (F-PKS) DPRD Sumut Jumadi menilai, Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut terkesan tidak peduli terhadap nasib 4.000 guru tidak tetap (GTT) di Sumut, karena tidak mengalokasikan honornya di P-APBD Sumut TA 2021.

"Kita sangat kesal dan kecewa terhadap kebijakan Pemprov Sumut Cq Disdik Sumut yang tidak mengalokasikan anggaran GTT di P-APBD Sumut TA 2021. Padahal sudah lama kita usulkan, agar honor 4.000 guru tersebut ditampung di APBD," kata Jumadi kepada wartawan, Kamis (2/9) di DPRD Sumut.

Sebagai sikap protes F-PKS atas kebijakan Pemprov Sumut Cq Disdik Sumut yang tidak memihak kepada para GTT ini, tambah Jumadi, fraksinya tidak menghadiri rapat paripurna DPRD Sumut dalam agenda penandatanganan Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) Perubahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (P-APBD) Sumut TA 2021 yang berlangsung, Rabu (1/9) di DPRD Sumut.

"Kita hanya menyerahkan dan tidak membacakan pandangan Fraksi PKS, karena kita sangat kecewa anggaran GTT yang selama ini kita minta agar diakomodir, untuk menyambung hidup para pahlawan tanpa tanda jasa di masa pandemi Covid-19 ini, ternyata tidak dialokasikan," tegasnya.

Padahal, tambah anggota Komisi E ini, anggarannya yang semula ditampung di APBN sudah direkomendasikan pemerintah pusat agar dimasukkan ke APBD Sumut. Tapi faktanya tidak ada dialokasikan di APBD, sehingga fraksinya melakukan protes.

Jumadi menyebutkan, jika diasumsikan, honor untuk GTT ini nilainya diusulkan sebesar Rp2-4 miliar, sehingga F-PKS berharap agar Pemprov Sumut Cq Disdik Sumut mengalokasikannya di P-APBD Sumut TA 2021. Jika memungkinkan menggeser anggaran lain yang tidak begitu urgen.

"Kalau Pemprov Sumut Cq Disdik Sumut tetap bertahan kepada keputusannya tidak menampung anggaran honor GTT, berarti tidak peduli terhadap kesejahteraan guru yang ikut mencerdaskan anak didik di Sumut. Disini kita minta Gubernur Sumut segera mengevaluasi kinerja Kadisdik Sumut," katanya. (A4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com