Anggota DPRD SU Kaget Masih Banyak Kepala SMA/SMK Negeri di Sumut Berstatus Plt 1-3 Tahun

* Kepala BKD: Kasek akan Dilakukan Assessment

561 view
Anggota DPRD SU Kaget Masih Banyak Kepala SMA/SMK Negeri di Sumut Berstatus Plt 1-3 Tahun
Foto Dok
dr Poaradda Nababan SpB

Medan (SIB)

Anggota Komisi E DPRD Sumut dr Poaradda Nababan SpB mengaku sangat kaget mendengar pengaduan para tenaga pendidik, bahwa masih banyak Kepala di SMA/SMK Negeri di Sumut berstatus Plt (pelaksana tugas) atau belum defenitif selama 1-3 tahun, sehingga dikuatirkan jalannya proses pendidikan menjadi mandek.


"Bahkan yang paling mengkuatirkan, ada juga Kepala SMA Negeri pangkat atau golongannya di bawah guru pengajar di sekolah tersebut. Misalnya Kasek golongan III D, tapi guru-guru yang mengajar di sekolah tersebut ada yang sudah IV B. Ini tentu sangat tidak efektif, sehingga proses pendidikan tidak akan bisa maksimal," ujar Poaradda Nababan kepada wartawan, Rabu (14/4), di DPRD Sumut seusai menerima pengaduan para guru.


Melihat fakta-fakta tersebut, Poaradda mengaku sangat prihatin terhadap kondisi pendidikan Sumut saat ini, karena arahnya semakin tidak jelas serta manajemennya terkesan amburadul, sehingga Kadisdik Sumut harus ekstra kerja keras membenahinya, agar dunia pendidikan ini tidak semakin terpuruk.


"Kita ingatkan Kadisdik Sumut dan BKD (Badan Kepegawaian Daerah) agar membenahi masalah ini, jangan lama-lamakan Kasek berstatus Plt, supaya arah pendidikan Sumut makin jelas," tandas politisi PDI Perjuangan ini sembari menambahkan, apa yang bisa dilakukan seorang kasek yang belum defenitif, tentunya tidak bisa mempertanggungjawabkan dana BOS maupun anggaran lainnya.


Poaradda tidak ingin mekanisme pengangkatan Kasek SMA/SMK berdasarkan manajemen "suka-suka", tapi harus melalui jenjang karier atau jabatan, jangan sampai lebih tinggi golongan para guru daripada Kasek, karena efeknya, hasil pendidikan tersebut tidak akan maksimal.


Assessment

Ketika hal ini dikonfirmasi kepada Kepala BKD Sumut Faisal Nasution mengaku, Disdik Sumut sedang mendata seluruh Kepala SMA/SMK Negeri di Sumut, kemudian akan dilakukan assessment atau penilaian terhadap para calon yang layak jadi Kasek.


"Memang usulan Kasek ini nantinya tetap dari Kadis Pendidikan dan sudah diprogramkan harus diassessment terlebih dahulu. Jadi kami sudah mendorong agar secepatnya dilakukan," ujar Faisal sembari menambahkan, Disdik akan terus melakukan verifikasi terhadap Kasek yang masih menjabat Plt. (A4/A13/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com