* Calon Bupati Radiapoh Sinaga Sumbang 30 Truk Batu

Anggota DPRD Simalungun Minta Pemprov Sumut Perbaiki Jalan yang Amblas di Raya Usang

* Tokoh dan Pengusaha Simalungun di Perantauan akan Ulosi RHS

113 view
Foto SIB/Jheslin M Girsang
TINJAU: Anggota DPRD Simalungun Jon Redikalmen Sidauruk (tengah) meninjau kerusakan jalan provinsi Pematangsiantar-Saribudolok di Desa Raya Usang, Kecamatan Dolog Masagal, Kabupaten Simalungun, Senin (11/1). 
Simalungun (SIB)
Anggota DPRD Simalungun, Jon Redikalmen Sidauruk meminta Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) memperbaiki kerusakan jalan provinsi Pematangsiantar-Saribudolok di Desa Raya Usang, Kecamatan Dolog Masagal, Kabupaten Simalungun.
Pasalnya, ruas jalan itu amblas hingga nyaris putus.

"Pemprov Sumut sepatutnya memberi atensi serius untuk segera membenahi jalan tersebut secara permanen. Jangan sampai menunggu amblas seluruhnya karena jalur ini sangat vital digunakan masyarakat," kata Jon Redikalmen, Senin (11/1).

Menurutnya, akses jalan tersebut merupakan jalur padat lalulintas kendaraan karena sebagai penghubung Pematangsiantar-Raya-Saribudolok-Kabanjahe-Berastagi sampai Medan.

Politisi Partai Golkar dari Daerah Pemilihan (Dapil) I termasuk Kecamatan Dolog Masagal itu menyatakan, belum mengetahui secara pasti penyebab kerusakan jalan tersebut. Namun, diduga faktor alam. Tekstur tanah yang labil juga memengaruhi.

Sebagai bentuk kepedulian, katanya, calon Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga telah menyumbangkan 30 truk batu untuk menutupi jalan yang amblas tersebut.

Sebagaimana diketahui, Radiapoh diusung Partai Golkar dan beberapa partai pendukung lainnya dan meraih suara terbanyak di Pilkada Simalungun 2020 lalu.

Di lokasi, sejumlah warga ikut mengatur arus lalu lintas dengan sistem buka tutup satu jalur. Garis pembatas dipasang demi keselamatan pengguna jalan.

ULOSI RHS
Sementara itu tokoh masyarakat dan pengusaha perantau Simalungun akan melakukan pertemuan bersama Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS), Sabtu (16/1) di Jalan Pabrik Tenun Medan. Pertemuan, selain menggelar syukuran atas kemenangan Pilkada Simalungun juga memberikan seperangkat ulos dan memberangkatkan RHS menjadi ‘Parhobas’ di Tano Habonaron do Bona, Simalungun.

Hal itu dikatakan Ketua Panitia Darman Saragih SH, didampingi Sekretaris Dr Ir Masdin Efendi Girsang MSi, Bendahara St Djamarsen Sipayung, Penasehat H Idris Sinaga (Tokoh Muslim Simalungun), Drs Salmon Sinaga dan panitia lainnya di sela-sela rapat terakhir Syukuran RHS, Sabtu (9/1) di Jalan Pabrik Tenun Medan.

Acara syukuran akan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan melakukan 3 M, yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. “Karena itu jumlah peserta juga dibatasi hanya 150 orang dan waktu acara hanya 3 jam,” ujarya.

Salmon Sinaga mengatakan, dalam acara syukuran, panitia akan memberikan ayam binatur dan nitak siang-siang, tujuan agar memimpin nantinya tetap dengan teratur. Memberi nitak siang-siang agar memimpin tetap melihat dengan terang atas semua warganya.

”Artinya pemimpin dalam mengambil suatu keputusan harus ada Standar Operasional Prosedur (SOP), tidak suka-suka. Baik itu mengangkat dan memberhentikan seorang kadis, kepsek, camat dan pejabat lainnya, sebab bagaimana seorang pemimpin Organisasi Perangkat Daerah (OPD) seperti kadis, camat, kepsek bekerja bila selalu dibayang-bayangi akan diganti," katanya.

Perantau Simalungun berharap, dengan terpilihnya RHS menjadi ‘parhobas’ di Tanah Simalungun, berharap akan membawa terang baru. “Selama ini Simalungun kami anggap gelap gulita, maka dengan terpilihnya RHS maka Simalungun kembali terang benderang, dengan filosofi habis gelap maka terbitlah terang,” ujarnya.

Dalam acara yang hanya 3 jam itu, para tokoh dan pengusaha Simalungun dipersilakan memberikan masukan dan harapan terhadap program RHS untuk pembangunan Simalungun. “Dalam pertemuan itu RHS akan memaparkan secara singkat program dan potensi untuk pembangunan Simalungun, jadi perlu ada masukan dan harapan,” katanya.

Untuk menyukseskan syukuran terpilihnya RHS telah terbentuk panitia, yakni: Ketua Darman Saragih SH, Sekretaris Dr Masdin Efendi Girsang MSi, Wakil Ketua Dr Birma Saragih, Sekretaris II JK Purba, Bendahara St Djamarsen Sipayung, Penasehat H Idris Sinaga, Drs Salmon Sinaga, Seksi Adat Budaya Dermawan, Seksi Dana St JK Purba, St Dj Sipayung, Humas Danres Saragih dan Syahrial Sinaga dilengkapi wakil serta anggota. (S05/M12/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com