Anggota Komisi VI DPR RI Minta Erick Thohir Audit Kinerja Seluruh PTPN

* Banyak Oknum Direksi di BUMN Seperti “Raja-raja Kecil”

348 view
Anggota Komisi VI DPR RI Minta Erick Thohir Audit Kinerja Seluruh PTPN
Foto: Ist/harianSIB.com
Anggota Komisi VI DPR RI, Rudi Hartono Bangun.

Medan (SIB)

Anggota Komisi VI DPR RI Rudi Hartono Bangun meminta Menteri BUMN Erick Thohir segera melakukan pembersihan atau audit total seluruh perkebunan milik BUMN (PTPN I-XIV), guna mengetahui kinerja atau operasional, baik laba ruginya perusahaan plat merah tersebut.

"Kita mendapat informasi, di perusahaan perkebunan milik negara ini, ada dugaan lebih besar biaya operasional dibanding pendapatannya, sehingga perlu dilakukan audit maupun bersih-bersih manajemen," ujar Rudi Hartono Bangun melalui relisnya kepada wartawan, Kamis (30/6) di Medan.

Politisi Partai NasDem ini mencontohkan, adanya masalah di sejumlah PTPN, terkait adanya laporan dugaan anggaran pengeluaran dari BUMN tersebut digelembungkan dan di-mark-up oleh oknum direksi.

Hal ini bisa terjadi, diduga karena dirutnya berkantor di Jakarta sehingga pengawasan yang dilakukan tak maksimal.

“Dari data dan pengaduan yang kita terima dari lembaga masyarakat pemerhati kinerja PTPN, begitu juga tender-tender di perkebunan milik negara tersebut, sarat dengan monopoli ataupun kontraktor peliharaan, sehingga pengusaha UMKM tidak bisa masuk untuk ikut tender dengan berbagai alasan,” ungkap Rudi.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com