Antisipasi Cacar Monyet, Bandara Soetta Perketat Pintu Masuk

WHO: Kasus Cacar Monyet Global Turun 21 Persen

273 view
Antisipasi Cacar Monyet, Bandara Soetta Perketat Pintu Masuk
Foto: Okezone
Ilustrasi.

Tangerang (SIB)

Masuknya cacar monyet atau monkey pox ke Indonesia, membuat pihak Bandara Soekarno-Hatta memperketat pengawasan kesehatan terhadap awak dan penumpang pesawat yang tiba dari luar negeri maupun yang melalukan perjalanan dalam negeri.


Kepala KKP Kelas I Bandara Soekarno-Hatta Darmawali Handoko mengatakan bahwa pengawasan kesehatan dilakukan dengan pengamatan langsung untuk melihat apakah ada gejala monkeypox pada penumpang pesawat internasional yang baru mendarat di Bandara Soekarno-Hatta dan domestik yang berangkat dan datang.


"Gejala utama Monkeypox adalah adanya ruam merah kulit di sekitar wajah dan anggota badan lainnya serta adanya bengkak kelenjar getah bening di area sekitar leher. Hal ini berbeda dengan Covid dimana demam masih menjadi salah satu gejala utama, " jelas Darmawali Handoko pada Sabtu (27/8).


Pengawasan terhadap tanda dan gejala visual tersebut sebagian besar juga dapat terdeteksi pada saat pelaku perjalanan melakukan proses check-in untuk memproses keberangkatan dan pemeriksaan security kedua setelah proses check-in. Hal ini juga berlaku pada awak pesawat yang harus melalui thermal scanner dan pengamatan secara visual.


"Apabila petugas bandara menemukan tanda dan gejala Monkeypox dapat langsung melaporkan kepada petugas KKP dan petugaa KKP akan melakukan pemeriksaan mendalam. Jika mengarah kepada gejala Monkeypox maka penumpang maka akan dilakukan prosedur tatalaksana dan dirujuk ke rumah sakit jika diperlukan," lanjutnya.


Sementara itu, Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta Agus Haryadi mengatakan AP II sebagai pengelola bandara mendukung penuh upaya pencegahan penyebaran monkeypox. Saat ini pelayanan penerbangan internasional yang dilakukan di Terminal 3, telah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai untuk pemeriksaan awal.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com