Arab Saudi yang Ternyata Tidak Merayakan Isra Miraj

Tidak Menetapkan Hari Libur Nasional

272 view
Arab Saudi yang Ternyata Tidak Merayakan Isra Miraj
Foto: Getty Images/oonal
Ilustrasi

Riyadh (SIB)

Isra Miraj dirayakan sebagai Hari Libur Nasional di Indonesia. Tahukah kamu, Isra Miraj Nabi Muhammad ternyata tidak dirayakan di Arab Saudi.

Umat Islam di seluruh dunia memperingati momen Isra Miraj yang jatuh pada tanggal 27 Rajab, atau pada tanggal 8 Februari 2024 di Indonesia.

Isra Miraj merupakan peristiwa ketika Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan pada malam hari dari Makkah menuju Masjidil Aqsa kemudian naik ke Sidratul Muntaha.

Nabi Muhammad menaiki Burak, makhluk dari surga yang disebut menyerupai kuda bersayap. Nabi Muhammad menembus tujuh lapis langit untuk bertemu dengan Allah SWT.

Di sana, Allah menginstruksikan Nabi Muhammad untuk menyampaikan kepada Muslim bahwa mereka harus salat 50 kali sehari.

Dikisahkan, sempat terjadi negosiasi antara Allah SWT dengan Nabi Muhammad, sehingga waktu salat pun ditetapkan menjadi hanya lima waktu dalam sehari.

Karena peristiwa ini, Isra Miraj kerap diperingati Muslim sebagai peristiwa yang bersejarah.

Beberapa negara seperti Indonesia, Kuwait, Oman, dan Dubai pun merayakan.

Lantas, Bagaimana dengan Arab Saudi?

Dilansir dari The National News, Arab Saudi ternyata tidak merayakan Isra Miraj. Arab Saudi juga tidak menetapkan Hari Libur Nasional untuk Isra Miraj. Isra Miraj hanya seperti hari biasa pada umumnya.

Menurut Faharas Net, orang-orang di Arab Saudi ternyata juga tidak melakukan ibadah khusus maupun berdoa saat momen Isra Miraj.

Kendati begitu, bagi orang yang ingin memperingati Isra Miraj, mereka bisa melakukan tahajud atau salat malam maupun berdoa seperti pada malam-malam biasanya. (detikTravel/d)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com