BI Ganti Uang Tabungan Haji Samin Dimakan Rayap


238 view
BI Ganti Uang Tabungan Haji Samin Dimakan Rayap
Foto: Ant/Mohammad Ayudha
GANTI UANG RUSAK: Samin (kiri) beserta istri Sri Kadarwati (kanan) menunjukkan uang baru tahun emisi 2022 usai menukarkan uang rusak miliknya yang dimakan rayap di kantor Perwakilan Bank Indonesia, Solo, Jawa Tengah, Kamis (15/9). 

Solo (SIB)

Samin (53), penjaga sekolah di SD Negeri Lodjiwetan, Kota Solo, Jawa Tengah, yang duit tabungannya hancur dimakan rayap, mendatangi Kantor Perwakilan Cabang (KPC) Bank Indonesia (BI) Solo.


Dia kembali mencoba menukar uang rusak yang sudah coba dia perbaiki.


Kepala Kantor KPC BI Solo, Nugroho Joko Prastowo, mengatakan pihaknya telah membantu Samin untuk mengidentifikasi uangnya yang bisa ditukarkan.


"Selama dua hari kita identifikasi sisa uang kertas yang dimakan rayap. Pada hari Selasa yang kita identifikasi yang memenuhi syarat sebesar Rp 9.910.000," kata Joko saat konferensi pers di kantornya, Kamis (15/9).


Pada Rabu, petugas BI dan Samin merangkai dan memperbaiki sisa-sisa uang lainnya. Uang itu disusun untuk memenuhi syarat penukaran, yakni dua pertiga bagian.


"Pada hari Rabu kami merangkai kembali potongan dan setiap serpihan kertas, hasilnya yang memenuhi syarat mendapatkan penggantian sebanyak Rp 10.310.000. Sehingga total uang sah yang mendapatkan penggantian sebanyak Rp 20.220.000. Ini jumlah optimal yang dapat BI bantu," ujarnya.


Sementara itu, sisa potongan uang kertas lainnya yang tidak dapat direkonstruksi akan dimusnahkan oleh BI.


Dia mengatakan kejadian Samin ini bisa dijadikan pembelajaran untuk masyarakat agar menabung di bank.


Menabung di bank, kata Joko, dianggap lebih baik lebih aman, bisa dipakai untuk transaksi secara nontunai, dan juga mendapatkan bunga ataupun bagi hasil.


"Boleh menabung di celengan, tapi setiap satu atau dua bulan sekali disetorkan ke bank karena kalau ada kerusakan lebih cepat untuk teridentifikasi," ujarnya.


Sementara itu, Samin menyampaikan terima kasih kepada BI dan semua pihak yang membantu dan mendukung dirinya.


"Petugas BI semalam membantu saya merangkai sampai jam 23.00 WIB, terima kasih telah membantu saya. Mari budayakan menabung seperti saya," ungkap Samin. (detikcom/c)





Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com