BNN dan NCB India Lakukan Pertemuan Bilateral Bahas Pemberantasan Narkotika


260 view
BNN dan NCB India Lakukan Pertemuan Bilateral Bahas Pemberantasan Narkotika
Foto: Istimewa

Jakarta (SIB)

Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) melakukan pertemuan bilateral bersama Narcotics Control Bureau (NCB) India. Keduanya membahas terkait kerja pemberantasan peredaran gelap narkotika.

Adapun pertemuan tersebut dilakukan secara virtual di acara The 6th Director General (DG) Level Joint Working Group, Kamis (7/12). Adapun Delegasi dari Indonesia dipimpin oleh Deputi Hukum dan Kerja Sama BNN RI, Irjen Pol. Agus Irianto serta Delegasi India dipimpin oleh Director General NCB India Satya Narayan Pradhan.

"Menegaskan kembali komitmen Indonesia dalam memerangi peredaran gelap narkotika, baik melalui upaya nasional maupun internasional, yang salah satunya dilakukan dengan penguatan kerja sama antar negara seperti yang tengah dilakukan dengan NCB India," kata Agus dalam keterangan tertulis, Jumat (8/12).

Dia mengatakan, dalam pertemuan tersebut masing-masing negara memaparkan situasi dan kondisi permasalah narkotika yang terjadi. Setiap negara juga melakukan pertukaran informasi modus operandi yang dilakukan oleh jaringan sindikat narkotika masing-masing negara, pengawasan prekursor narkotika, penerapan teknologi dalam pengungkapan kasus narkotika, tindak pidana pencucian uang (TPPU) dari kejahatan narkotika, dan peredaran New Psychoactive Substances (NPS).

Dia pun turut menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pertemuan ini dan berharap rekomendasi yang telah disepakati oleh kedua belah pihak dapat segera diimplementasikan dengan baik. Sehingga mewujudkan kolaborasi antar negara dalam memerangi peredaran gelap narkotika.

"Adapun rekomendasi yang dihasilkan dari pembahasan tersebut adalah sebagai berikut peningkatan kapasitas aparat penegak hukum melalui pendidikan dan pelatihan, pertukaran informasi best practice dan teknologi terkini yang digunakan dalam pengawasan interdiksi, pertukaran informasi intelijen, serta best practice penanggulangan peredaran NPS," ungkapnya.

Sementara itu, Satya Narayan Pradhan mengatakan hal serupa bahwa peredaran gelap narkotika yang dilakukan melalui jalur laut merupakan tantangan terbesar bagi kedua negara dalam memberantas peredaran gelap narkotika.

"Oleh karena itu, NCB India menyambut baik rencana kerja sama yang akan dijajaki melalui pertemuan bilateral ini," tutupnya.

Sebagai informasi tambahan, dalam pertemuan BNN RI dan NCB India ini juga menyepakati untuk kembali melakukan pertemuan bilateral The 7th DG Level Joint Working Group pada tahun 2024 mendatang. (detikcom/c)

Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com