BNPB Nyatakan Gempa Cianjur Bukan Bencana Nasional


252 view
BNPB Nyatakan Gempa Cianjur Bukan Bencana Nasional
(CNN Indonesia/Adi Maulana Ibrahim)
Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan Bupati Cianjur memimpin satuan tugas (satgas) karena gempa yang terjadi masuk kategori bencana daerah.

Jakarta (SIB)

Ketua BNPB Suharyanto mengatakan gempa Cianjur bukan bencana nasional, melainkan bencana daerah.


Meski begitu, dia mengatakan bencana ini memang masif dan berdampak besar.


"Di setiap bencana apa pun, apa lagi bencana ini walaupun masif ya, walaupun dampaknya sangat besar, tadi data data sudah saya sampaikan, tapi tetap ini bencana daerah, bukan bencana nasional," kata Suharyanto saat konferensi pers, Minggu (27/11/2022).


Suharyanto mengatakan, mulai Senin (29/11), segala komando di lapangan hingga kegiatan harian akan dilakukan oleh Bupati Cianjur.


Menurutnya, ini sesuai dengan surat edaran Mendagri per 16 Februari 2019.


"Artinya, lambat laun mungkin mulai besok Senin ini segala penanganan komando di lapangan, pelaksanaan kegiatan harian, ini akan kembali sesuai ketentuan. Ketentuannya adalah kalau bencana daerah sesuai dengan surat edaran Mendagri tanggal 16 Februari 2019, itu berdasarkan instruksi bapak presiden bahwa kalau bencana daerah itu otomatis Pak Bupati jadi komandan satgas, dibantu walilnya adalah komandan kodim dan kapolres," ucapnya.


Jadi 321 Orang

Untuk diketahui, korban tewas akibat gempa magnitudo (M) 5,6 di Cianjur, bertambah. Korban tewas menjadi 321 orang.


"Hari ini ditemukan 3 jenazah sehingga catatan kita semua, berati dengan ditemukan 3 yang meninggal dunia menjadi 321 orang," ujar Suharyanto dalam konferensi pers.


"Masih ada 11 korban yang dinyatakan hilang," tambahnya. (detikcom/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com