Jumat, 24 Mei 2024 WIB

BRIN Ungkap Meteor di Langit Pulau Jawa Jatuh di Samudera Hindia

Redaksi - Sabtu, 16 September 2023 11:54 WIB
294 view
BRIN Ungkap Meteor di Langit Pulau Jawa Jatuh di Samudera Hindia
Foto: Tangkapan layar
MELINTAS : Benda bercahaya melintas di langit Klaten, Jawa Tengah, viral di media sosial 
Jakarta (SIB)
Peneliti senior Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Thomas Djamaluddin memastikan benda bercahaya yang melintas di langit pulau Jawa adalah meteor. Dia mengungkap meteor itu kemungkinan jatuh di Samudera Hindia.

"Kalau tidak ada laporan jatuh di darat, kemungkinan besar jatuh di Samudera Hindia," kata Thomas Djamaluddin kepada wartawan, Jumat (15/9).

Thomas mengatakan meteor itu melintas di langit Yogyakarta pada Kamis (14/9) malam. Dia menyebut benda itu meteor terang.

"Kejadian di Yogyakarta pukul 23.15 dengan objek yang tampak lebih terang lagi, bisa disimpulkan itu meteor terang," kata Thomas.

Thomas memastikan benda bercahaya yang melintas di Yogyakarta adalah benda yang sama yang juga terlihat di Bandung. "Mungkin juga ada saksi di wilayah lain antara Bandung sampai Yogyakarta," kata Thomas.


Viral di Media Sosial
Warga Klaten, Jawa Tengah, dihebohkan dengan penampakan benda bercahaya menyerupai meteor melesat di langit. Benda tersebut terlihat jelas bahkan terekam kamera ponsel.

Video penampakan benda bercahaya itu viral di media sosial. Video berdurasi sekitar 15 detik itu memperlihatkan sebuah benda terang melesat di langit.

Benda misterius bercahaya itu melayang melengkung dengan ekornya yang terang dan cukup panjang. Tidak terlihat ada ledakan atau ceceran dari benda tersebut.

Kades Dompyongan, Kecamatan Jogonalan, Sarono mengaku juga melihat benda tersebut. Dia menyebut kejadian itu terjadi pada Kamis (14/9) pukul 23.00 WIB di arah barat.

Tak hanya itu, kemunculan benda bercahaya di langit diviralkan juga terjadi di Kabupaten Garut. Dalam video berdurasi 15 detik tersebut, terlhat detik-detik sebuah benda menyala seperti bola api melintas di langit.

Warga Garut, Ilham Syakib mengaku melihat benda bercahaya itu. Dia menyebut benda itu seperti bola api.

"Saya lihat sedikit. Tapi memang betul ada. Menyala seperti bola api," ucap Ilham. (detikcom/a)



Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ini Penyebab Indonesia Tidak Diterpa Gelombang Panas
DPRD SU Ingatkan Masyarakat Waspadai Longsor dan Bencana Hidrometeorologis
BMKG Sarankan Masyarakat Tunda Perjalanan Bila Cuaca Ekstrem
Kapal Nelayan Angkut 10 ABK Hilang Kontak di Samudera Hindia
Resolusi Kimberly Febrina Suburkan Industri Passifloraceae Berbasis Green
Samudera Hindia Barat Aceh Diguncang Gempa 6,3 SR
komentar
beritaTerbaru