Banyak Pejabat DKI Mundur Dinilai Tunjukkan Ada Masalah Serius di Era Anies


188 view
Banyak Pejabat DKI Mundur Dinilai Tunjukkan Ada Masalah Serius di Era Anies
Ilman/detikcom
Gedung Balai Kota DKI Jakarta
Jakarta (SIB)
Wakil Ketua Komisi II DPR F-PKB Luqman Hakim menyoroti banyaknya pejabat DKI Jakarta yang mundur di era Gubernur Anies Baswedan. Dia mengaku prihatin terhadap mundurnya para pejabat itu.

"Pengunduran diri banyak pejabat di lingkungan Pemprov DKI dan sikap boikot ASN DKI terhadap lelang jabatan eselon II belakangan ini sungguh kejadian yang memprihatinkan," kata Luqman kepada wartawan, Selasa (25/5).

Komisi II merupakan alat kelengkapan Dewan yang memiliki ruang lingkup tugas di bidang pemerintahan daerah, otonomi, birokrasi, hingga aparatur negara. Luqman mengatakan banyaknya pejabat yang mundur menjadi tanda ada permasalahan serius di bawah kepemimpinan Anies Baswedan. Dia meminta Kemendagri, KASN, hingga BKN menelusuri permasalahan tersebut.

"Kejadian-kejadian itu mengisyaratkan ada masalah serius dalam manajemen kepemimpinan Gubernur DKI Anies Baswedan. Problemnya-detailnya apa? Sebaiknya Kemendagri, KASN, dan BKN mulai melakukan kajian mendalam atas masalah-masalah di dalam birokrasi Pemprov DKI," jelasnya.

"Apakah terkait langsung dengan kapasitas manajerial kepemimpinan Gubernur Anies atau terkait dengan sikap kepemimpinan Gubernur yang mengganggu kondusivitas lingkungan kerja Pemprov? Semua perlu dicari akar masalahnya secara terang," lanjut Luqman.

Fungsionaris DPP PKB ini meminta Anies mulai introspeksi diri. Dia mendesak Anies mengakui jika tidak mampu memimpin birokrasi.

"Kepada Gubernur Anies, saya minta agar melakukan introspeksi. Tidak perlu malu mengakui kekurangan-kekurangan manajerial dalam memimpin Pemprov DKI. Jika Gubernur Anies bersedia terbuka mengakui ketidakmampuannya dalam memimpin birokrasi, akan sangat membantu pemerintah pusat untuk memperbaiki kehidupan birokrasi di DKI. Tolong jangan korbankan hak rakyat untuk mendapatkan pelayanan," ucapnya.

Seperti diketahui, pejabat DKI yang mengundurkan diri bertambah lagi. Kali ini dari Tim Gubernur untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP) Gubernur Anies Baswedan. (detikcom/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com