Banyak Pejabat Marga Lubis, Edy Rahmayadi: Itu Cuma Kebetulan


338 view
Foto Dok
Plt Sekdaprov Sumut Afifi Lubis, Asisten Administrasi Umum Hasmirizal Lubis, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Abdul Haris Lubis, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Manna Wasalwa Lubis, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Riadil Akhir Lubis
Medan (SIB)
Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memberikan jawaban soal banyaknya pejabat di jajaran Pemprov Sumut yang bermarga Lubis. Menurut Edy, hal itu cuma sebuah kebetulan. "Suatu kebetulan saja itu," kata Edy di rumah dinas Gubernur Sumut, Jalan Sudirman Medan, Kamis (10/6).

Untuk diketahui, Lubis adalah salah satu marga Batak yang banyak bermukim di Mandailing Julu. Mandailing Julu ialah kawasan di Kabupaten Mandailingnatal, yang berada di bagian hulu sungai Batang Gadis.

Edy mengatakan hal itu sebuah kebetulan karena pengangkatan pejabat di Pemprov Sumut dilakukan secara transparan. Para calon pejabat juga harus melewati serangkaian tes. "Karena eselon dua dilakukan open bidding (lelang). Eselon tiga, eselon empat dengan Baperjakat-nya," ucap Edy.

Edy mengakui memang banyak pejabat yang bermarga Lubis. Namun ia memastikan bahwa pemilihan pejabat dilakukan dengan profesional. "Dengan profesionalisme untuk menempati tempat tersebut," jelasnya.

Edy Rahmayadi pernah mengeluhkan kalau hasil lelang terbuka untuk jabatan eselon II yang pertama sekali dilakukan selama beliau menjabat hasilnya mengecewakannya. Kekecewaannya tersebut diungkapkan orang nomor satu di Pemprov Sumut itu kepada wartawan, karena rata-rata nilai para calon pejabat yang mengikuti seleksi waktu itu tidak sesuai dengan yang diharapkan sehingga sempat Edy Rahmayadi mengusulkan dilakukannya lelang ulang. Hanya saja pertimbangannya lebih kepada pembiayaan lelang.

Seiring dengan seleksi jabatan tersebut yang dinilai sangat ketat, ternyata hasilnya banyak menempatkan pejabat bermarga Lubis pada posisi jabatan penting.

Gubernur tidak menampik jika disebut banyak pejabat eselon II di lingkungan Pemprov Sumut di masa pemerintahannya saat itu adalah bermarga Lubis. Lantas apakah itu ada pengaruhnya karena istri Gubernur Edy adalah boru Lubis?.

"Termasuk istriku, iya suatu kebetulan," ujar Edy dengan nada canda menjawab wartawan usai pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Nias, di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan.

Karena itu jika disebut banyak pejabat eselon II, III, dan IV dari yang bermarga Lubis, apalagi jika dikaitkan dengan marga istrinya boru Lubis, menurut Gubernur itu adalah salah. Sebab menurutnya, semua pejabat eselon di lingkungan Pemprov Sumut, diangkat dengan ketentuan yang ada.

Kemudian pejabat eselon III dan eselon IV, dilakukan melalui seleksi oleh Badan Pertimbangan Jabatan dan Kepangkatan (Baperjakat). Pejabat eselon diangkat secara profesional.

Namun begitu, Gubernur Edy balik bertanya kepada wartawan, "Memang ada yang Lubis menang?" Wartawan mencontohkan yang terbaru adalah penunjukan Afifi Lubis sebagai Plt Sekdaprov Sumut.

Terkait Afifi Lubis, Gubernur Edy mengatakan karena Afifi yang bisa untuk saat ini. "Yang lain disibukkan dengan tugasnya. Dia kan berada di Sekwan (Sekretaris DPRD Sumut), sehingga pekerjaan itu bisa, disamping dia mampu, gitu," jelas Edy didampingi Kepala BKD Sumut Faisal Arif Nasution.

Lalu benarkah banyak pejabat bermarga Lubis di Pemprov Sumut? Setidaknya bisa dilihat di dalam pejabat eselon II yang ada saat ini, dimana dari 49 OPD, terdapat 7 pimpinannya adalah dari marga Lubis. Namun sampai akhir 2020 dan awal tahun 2021, masih banyak bermarga Lubis. Mereka sebagian sudah pensiun.

Namun pejabat bermarga lain tidak ada sebanyak marga Lubis itu. Dan inilah pejabat eselon II yang bermarga Lubis:

Plt Sekdaprov Sumut Afifi Lubis yang juga Sekretaris DPRD Sumut, Asisten Administrasi Umum Hasmirizal Lubis yang juga Plt Kepala Bappeda, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Abdul Haris Lubis, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Manna Wasalwa Lubis dan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Riadil Akhir Lubis. (A13/d)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com