Bareskrim Ajukan Pencekalan untuk 4 Tersangka ACT ke Imigrasi

* Kemensos Gandeng PPATK Bentuk Tim Pantau Lembaga Filantropi

319 view
Bareskrim Ajukan Pencekalan untuk 4 Tersangka ACT ke Imigrasi
Foto: Dok Humas Polri
Kombes Pol Nurul Azizah, Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabag Penum) Divisi Humas Polri.

Jakarta (SIB)

Bareskrim Polri mengajukan pencekalan ke luar negeri terhadap 4 tersangka kasus penyelewengan dana yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Pengajuan itu dikirimkan ke bagian imigrasi Kementerian Hukum dan HAM.

"Bareskrim Polri meminta bantuan kepada Dirjen Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM untuk melakukan pencekalan untuk melakukan pencekalan atau pencegahan ke 4 tersangka," kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Nurul Azizah dalam keterangannya, Kamis (28/7).

Adapun pengajuan surat pencekalan tercatat dengan nomor B/5050/VII/RES.1.24./2022/_ pada 26 Juli 2022. Tujuannya mencegah keempat tersangka melarikan diri ke luar negeri.

"Untuk kepentingan penyidikan lebih lanjut serta dikhawatirkan akan melarikan diri ke luar negeri," ungkap Nurul.

Belum Ditahan

Sebelumnya, Dittipideksus Bareskrim Polri memanggil empat tersangka kasus dugaan penyelewengan dana donasi Yayasan ACT pada Jumat (29/7). Keempat tersangka itu saat ini belum ditahan.

"Selanjutnya akan ada panggilan untuk datang pada hari Jumat," ujar Dirtipideksus Bareskrim Polri Brigjen Whisnu Hermawan saat dimintai konfirmasi, Selasa (26/7).

Keempat tersangka itu ialah Ahyudin (A) selaku Ketua Pembina Yayasan ACT, Ibnu Khajar (IK) selaku pengurus Yayasan ACT, Hariyana Hermain (HH) sebagai anggota Pembina Yayasan ACT, dan Novardi Imam Akbari (NIA) selaku Ketua Dewan Pembina ACT.

Dia mengatakan penentuan penahanan tergantung pemeriksaan pada Jumat nanti.

"Betul (tergantung pemeriksaan nanti)," kata Whisnu.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com