Bendera Bulan Bintang Dikibarkan di Milad GAM Lhokseumawe

Polisi Coba Menurunkan Dihalau Massa

239 view
Bendera Bulan Bintang Dikibarkan di Milad GAM Lhokseumawe
(dok. Istimewa)
Foto: Sejumlah warga kibarkan bendera bulan bintang saat milad GAM 
Lhokseumawe (SIB)
Sejumlah warga di Muara Dua, Lhokseumawe, Aceh menggelar upacara dan mengibarkan bendera bulan bintang saat milad Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Polisi sempat mencoba menurunkan bendera tapi dicegah massa.

"Tadi kita lakukan langkah-langkah persuasif, sudah kita ingatkan tapi mereka bandel tetap menaikan," kata Kapolres Lhokseumawe AKBP Eko Hartanto saat dimintai konfirmasi, Sabtu (4/12).

Eko mengatakan, sempat terjadi dorong-dorongan dengan massa ketika anak buahnya mencoba menurunkan bendera. Eko akhirnya memberikan kesempatan ke warga agar menurunkan sendiri bendera setelah doa.

"Kita coba turunkan, dihalau mereka. Saya dan Dandim tadi sempat dorong-dorongan dengan mereka. Saya kasih waktu sampai doa selesai terus diturunkan," jelas Eko.

Menurutnya, pengibaran bendera di lokasi tersebut hanya berlangsung beberapa saat. Eko menyebut, pengibaran bendera bulan bintang di Lhokseumawe hanya terjadi di tempat tersebut.

"Di tempat lain tidak ada," ujar Eko.

Dalam video beredar, polisi sempat mencoba menurunkan bendera saat salah seorang peserta upacara membacakan amanat dalam bahasa Aceh. Beberapa warga berteriak agar bendera dijaga.

Pria tersebut tetap membacakan amanat hingga selesai. Setelah itu dilanjutkan dengan doa. Usai pembacaan doa, pasukan pengibar bendera menurunkan bendera diiringi azan.

Upacara milad GAM itu digelar sejumlah warga di halaman Masjid Jamik At-Tahrir Kandang, Desa Meunasah Manyang, Muara Dua, Lhokseumawe. Pasukan pengibaran bendera berbaju putih, celana hitam, serta mengenakan selempang garis hitam, putih dan merah.

Upacara tersebut dihadiri sejumlah warga. Masyarakat ikut bersikap hormat ketika bendera dikibarkan.

"Momen milad GAM ke-45 ini kita sangat semangat terhadap perjuangan yang belum selesai antara Pemerintah Republik Indonesia dengan Gerakan Aceh Merdeka. Ini yang kami harapkan pemerintah Indonesia harus betul-betul komitmen terhadap damai Aceh," kata Ketua Panitia Milad GAM M Yasir Umar.

Dia berharap pemerintah merealisasikan butir-butir perjanjian damai termasuk qanun dan kewenangan Aceh. Dia juga menjelaskan alasan pihaknya mengibarkan bendera Bulan Bintang.

"Sebab, kalau tidak dituntaskan ini terjadi, mungkin hari ini kita lihat sama-sama mungkin inilah kondisi Aceh," ujarnya.

"Ini karena ada komitmen. Mungkin, kalau pusat nggak ada komitmen, nggak kami turunkan lagi. Ini harus ada komitmen kayak mana masalah bendera Aceh, harus ada kesepahaman bersama terhadap kewenangan Aceh," sambung Yasir. (detikcom/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com