Berkas 1.677 Bacaleg DPRDSU Telah Selesai Diverifikasi KPU


221 view
Berkas 1.677 Bacaleg DPRDSU Telah Selesai Diverifikasi KPU
Foto: ANTARA/HO
Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Sumatera Utara

Medan (SIB)

Berkas 1.677 orang Bacaleg (bakal calon legislatif) anggota DPRD Sumut dari 18 partai politik telah selesai diverifikasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumut, menyangkut persyaratan administrasi. Dari hasil verifikasi administrasi itu sebanyak 306 bacaleg dinyatakan tidak lulus verifikasi administrasi atau tidak memenuhi syarat (TMS).

Anggota KPU Sumut Batara Manurung menyampaikan, setelah diumumkan persyaratan Bacalon anggota DPRDSU atau Bacaleg pada Pemuilu 2024, selanjutnya partai politik (Parpol) diberikan jadwal untuk dilakukan pencermatan.

"Verifikasi administrasi untuk 18 partai politik dengan bakal calonnya telah selesai di vermin (verifikasi administrasi), hasilnya 306 tidak memenuhi syarat," kata Batara Manurung, Koordinator Divisi Teknis KPU Sumut, Rabu (9/8).

Hasil verifikasi administrasi tersebut telah diserahkan ke masing-masing partai politik. Partai diberikan waktu untuk memperbaiki dokumen Bacaleg atau mengganti Bacalegnya.

Disebutkan, pencermatan hasil akhir persyaratan Bacalon anggota DPRDSU oleh partai hingga akhir 11 Agustus 2023. "Sampai tenggat waktu yang ditentukan itu, prinsipnya partai politik masih dapat memperbaiki dokumen yang TMS atau mengganti bacalon, jadi boleh memperoleh dan boleh mengganti," katanya.

Tahap selanjutnya, KPU akan melakukan verifikasi administrasi ulang terhadap perbaikan dokumen bacaleg itu.Verifikasi administrasi ulang dilakukan pada 12-15 Agustus 2023. Kemudian, KPU akan menyusun daftar calon sementara (DCS) pada 16-17 Agustus.

Setelah itu anggota KPU akan melaksanakan pleno untuk menetapkan DCS yang memenuhi syarat pada 18 Agustus. Tanggal 18 menetapkan DCS yang memenuhi syarat, rapat pleno di kantor KPU Sumut.

Adapun berkas yang dilakukan verifikasi administrasi berasal dari 18 partai politik, yakni Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Gerindra, PDI Perjuangan, Partai NasDem, Partai Buruh, Partai Gelora, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Kebangkitan Nusantara (PKN), Partai Hanura, Partai Garuda, Partai Amanat Nasional (PAN). Selanjutnya, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Demokrat, Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Perindo, Partai Persatuan Pembangunan (PPP) dan Partai Ummat. (BR-1/A10/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com