Bertemu Prabowo di Beijing, Presiden Xi Jinping Puji Hubungan China-Indonesia

* Kedubes: Prabowo akan Kunjungi Jepang Pekan Ini

184 view
Bertemu Prabowo di Beijing, Presiden Xi Jinping Puji Hubungan China-Indonesia
(Foto: Xinhua/Yao Dawei)
BERSALAMAN: Presiden China Xi Jinping (kanan) bersalaman dengan Presiden terpilih Republik Indonesia Prabowo Subianto saat berkunjung dan mengadakan pembicaraan di Aula Besar Rakyat di Beijing, ibu kota China, Senin (1/4). 
Jakarta (SIB)
Presiden China Xi Jinping bertemu dengan presiden Indonesia terpilih Prabowo Subianto di Beijing. Xi Jinping memuji hubungan dengan Indonesia dengan memaparkan visi perdamaian regional di tengah ketegangan dengan negara tetangga lainnya di Asia Tenggara.
Dilansir AFP, Senin (1/4), Prabowo melakukan kunjungan pertamanya ke mitra dagang utama Indonesia sejak kemenangannya dalam pemilu bulan lalu. China adalah salah satu sumber investasi asing langsung terbesar di Indonesia dan telah menggelontorkan miliaran dolar untuk proyek-proyek di Indonesia.
Xi mengatakan kepada Prabowo selama pembicaraan di Beijing pada Senin bahwa hubungan bilateral "telah memasuki tahap baru dalam membangun komunitas dengan masa depan bersama", lapor stasiun televisi pemerintah CCTV.
"(China) bersedia memperdalam kerja sama strategis menyeluruh dengan Indonesia dan membangun komunitas China-Indonesia yang mempunyai pengaruh regional dan global, sehingga dapat memberikan lebih banyak manfaat bagi kedua bangsa dan memberikan kontribusi positif bagi perdamaian dan pembangunan regional dan dunia," kata Xi.
Perusahaan-perusahaan China telah menghabiskan banyak uang untuk mengekstraksi sumber daya alam Indonesia dalam beberapa tahun terakhir, khususnya sektor nikel di mana pengeluaran Beijing telah memicu keresahan mengenai gaji dan kondisi kerja.
Jakarta meresmikan jalur kereta api berkecepatan tinggi pertama di Asia Tenggara tahun lalu, yang juga merupakan proyek bernilai miliaran dolar yang didukung oleh Beijing.
Xi memuji inisiatif kereta api ini sebagai "tanda emas kerja sama berkualitas tinggi antara kedua negara", menurut CCTV.
Sikap ramah tersebut kontras dengan hubungan buruk Beijing dengan beberapa negara Asia Tenggara lainnya--khususnya Filipina-- terkait klaim teritorial di Laut Cina Selatan yang disengketakan.
Beijing mengklaim hampir seluruh jalur perairan penting tersebut dan telah terjadi konfrontasi berulang kali antara kapal China dan Filipina di sekitar terumbu karang yang diperebutkan dalam beberapa bulan terakhir.
Xi mengatakan kunci hubungan yang kuat dengan Indonesia "terletak pada kepatuhan terhadap kemandirian strategis, rasa saling percaya dan saling membantu...serta keadilan dan keadilan", lapor CCTV.
"Kedua belah pihak harus... dengan tegas mendukung satu sama lain dalam menjaga kedaulatan, keamanan, dan kepentingan pembangunan," katanya.
Ke Jepang
Terpisah, Kedutaan Besar Jepang di Jakarta mengatakan, Prabowo Subianto yang dinyatakan menang dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024, dijadwalkan juga akan mengunjungi Jepang pada 2 hingga 3 April 2024.
Berdasarkan keterangan dari Kedubes Jepang yang diperoleh di Jakarta, Senin, (1/4) saat ini proses kordinasi sedang dilakukan untuk mengatur pertemuan dengan para pejabat tinggi Jepang, termasuk Perdana Menteri Fumio Kishida.
Mereka berharap kunjungan tersebut menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama kedua negara di berbagai bidang dalam hubungan bilateral, maupun kerja sama terkait situasi di kawasan.
"Mengingat Jepang dan Indonesia merupakan Mitra Strategis Komprehensif yang berbagi prinsip dan nilai fundamental serta memiliki hubungan bersejarah di bidang politik, ekonomi, dan budaya, kami berharap kunjungan ini menjadi momentum untuk memperkuat kerja sama kedua negara di berbagai bidang di hubungan bilateral maupun di situasi kawasan," kata Kedubes Jepang dalam keterangannya.
Sebelumnya pada 21 Maret 2024, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida menelepon secara langsung calon presiden Prabowo Subianto atas kemenangannya dalam Pilpres 2024.
Kishida memberikan ucapan selamat kepada Prabowo melalui sambungan telepon yang berlangsung selama sekitar 10 menit. Tidak hanya melalui sambungan telepon, Prabowo juga menerima ucapan selamat tersebut dari surat yang diberikan Kishida.
"Perkenankan saya untuk menyampaikan ucapan selamat dari lubuk hati saya yang paling dalam atas terpilihnya Yang Mulia dalam pemilihan presiden kali ini," kata Kishida dalam suratnya. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com