Bertemu Teman Kuliah UGM, Jokowi Singgung Ijazah Palsu


450 view
Bertemu Teman Kuliah UGM, Jokowi Singgung Ijazah Palsu
(Foto: Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)
Pertemuan itu berlangsung di Kawasan Ambarukmo, Kabupaten Sleman, Minggu (16/10/2022). Jokowi menemui teman-temannya itu sekitar pukul 09.00 WIB. 

Jakarta (SIB)

Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan ke Yogyakarta. Dia menyempatkan bertemu dengan teman-temannya semasa berkuliah di Fakultas Kehutanan, Universitas Gadjah Mada (UGM).


Pertemuan itu berlangsung di salah satu tempat makan di Kawasan Ambarukmo, Kabupaten Sleman, Minggu (16/10). Jokowi tiba di kawasan itu sekitar pukul 09.00 WIB.


Tiba di lokasi, Jokowi menghampiri teman-temannya dan langsung menyalami dan berbincang santai. Di awal pertemuannya itu, Jokowi menyinggung soal ijazah palsu.


"Ini loh urusan ijazah palsu, sekolah lima tahun kan, ampun. Kalau mahasiswa kan masih komplit, kalau yang SD kan sudah carinya di mana," kata Jokowi, seperti dilihat di YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (16/10).


"Tapi yang dimasalahkan SMA Pak," kata seorang teman Jokowi menimpali.


"SMA juga kan ribuan loh," kata Jokowi.


"Tapi yang dimasalahkan SMA loh Pak, kan ada double stampel," ujar teman Jokowi lagi.


"Itu program, program pemerintah, sebagai SMPP, ya kaya dulu SMK sebelumnya SMEA," ujar Jokowi.


Mereka lantas menunjukkan foto-foto wisuda semasa kuliah. Mereka saling mengenang satu sama lain.


Dalam keterangannya, Jokowi menjelaskan pertemuan dengan teman-temannya semasa kuliah. Namun, Jokowi tidak lama melakukan pertemuan itu.


"Pagi hari ini saya ke Yogya, kemudian mampir ke Ambarukmo, ketemu dengan teman-teman saya mahasiswa. Ada yang dulu di Perhutani, ada yang dosen, wiraswasta, di dinas, ini macam-macam. Pas hari ini kumpul ya saya ketemu, tapi saya juga hanya sebentar, ndak lama," kata Jokowi.


Jokowi menjelaskan teman-teman semasa kuliah yang ia temui berasal dari daerah yang berbeda-beda, mulai dari Sabang sampai Merauke.


Pada pertemuan tersebut, Jokowi bersama temannya mengenang kembali momen semasa kuliah yang diabadikan melalui kamera saat itu.


"(Saya melihat) foto-foto waktu wisuda, ada yang foto waktu di mapala (mahasiswa pecinta alam). Saya sendiri fotonya sudah hilang, tapi ternyata kawan-kawan masih simpan semuanya komplet," tambahnya.


Salah satu teman kuliahnya, Tommy menyampaikan bahwa foto yang diperlihatkan kepada Jokowi merupakan foto saat mendaki Gunung Kerinci.


Meski album yang diperlihatkan telah usang, tetapi kata Tommy, masih jelas terlihat foto momen wisuda Jokowi bersama teman-temannya di tahun 1985 lalu.


"Tahun 1985 ini foto waktu wisuda. Waktu itu Pak Jokowi wisudanya dengan beberapa teman angkatan, November 1985. Masuknya 1980, wisudanya 1985," ujar Tommy.


Tommy menjelaskan sifat Jokowi dari dulu saat menjadi mahasiswa hingga sekarang tetap sama. Tommy menilai, Jokowi tetap menjadi orang yang bijak dan tidak gampang tersinggung ketika sedang bergurau.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com