Besok Gubernur Edy Lantik Wali Kota Siantar dan Tanjungbalai


433 view
Besok Gubernur Edy Lantik Wali Kota Siantar dan Tanjungbalai
Foto: Ist/harianSIB.com
Gubernur Sumatera Utara (Sumut), Edy Rahmayadi.

Medan (SIB)

Akhirnya Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani dan Wali Kota Tanjungbalai Waris Thalib dilantik Gubernur Sumut Edy Rahmayadi besok, Senin (22/8) sebagai Wali Kota defenitif.


Hal itu dikatakan Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah Setdaprov Sumut Zubaidi melalui Kabag Otda Rasyid, Sabtu (20/8) melalui telepon. "Senin (22/8) keduanya akan dilantik oleh Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dijadwalkan pukul 07.30 WIB," katanya.


Lebih lanjut Rasyid mengatakan, pelantikan akan dilangsungkan di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jalan Jenderal Sudirman Medan.


Diketahui SK penetapan Susanti Dewayani dan Waris Thalib telah terbit dari Mendagri sejak Juni 2022. Namun pelantikan keduanya urung dilakukan karena berbagai faktor.


Belakangan Gubernur Edy Rahmayadi, Kamis (11/8) menegaskan, bukan tidak mau melantik Waris Thalib dan Susanti Dewayani, tetapi sebaliknya Waris dan Susanti, menurut Edy Rahmayadi sama-sama belum bersedia dilantik menjadi wali kota defenitif. Orang itu yang belum mau dilantik," tegasnya.


Sebagaimana diketahui Susanti maupun Waris masih menjabat Wakil Wali Kota hasil Pilkada serentak 2020. Keduanya menjadi Plt Wali Kota karena wali kota masing-masing berhalangan tetap.


Sebelumnya Waris Tholib dilantik Gubernur Sumut Edy Rahmayadi sebagai Wakil Wali Kota Tanjungbalai di Aula Tengku Rizal Nurdin, Rumah Dinas Gubernur, Jumat 22 Februari 2021 lalu. Saat itu Wali Kota Tanjungbalai Syahrial juga ikut dilantik.


Mereka berdua adalah kepala daerah hasil Pilkada serentak Tanjungbalai tahun 2020.


Namun pada 22 April 2021 Syarial berurusan dengan KPK dalam kasus hukum dugaan suap kepada penyidik KPK. Ia kemudian ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com